Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Repotnya Toyota Dalam Menciptakan New Yaris

Kompas.com - 22/02/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Toyota Indonesia akhirnya berkesempatan untuk memproduksi dan memasarkan New Yaris, yang sebelumnya sudah mengaspal terlebih dahulu di Thailand. Bermodal Rp 2 triliun untuk investasi produksi lokal, hatchback penantang Honda Jazz ini diproyeksi bisa terjual 1.200 unit perbulannya.

Namun, sebelum wujud finalnya meluncur, penciptaan New Yaris harus melalui beragam proses pengembangan yang cukup merepotkan. Akira Kasamatsu Chief Engineer of New Yaris Toyota Motor Corporation (TMC) bahkan mengatakan, kalau dirinya harus berkeliling dunia dan menajajal jalanan berbagai negara.

Dari sana, Kasamatsu menyebutkan kalau menikmati kendaraan di setiap daerah itu berbeda-beda. Dirinya juga menyebutkan dua hal yang paling menantang dan sulit ketika mengembangkan New Yaris.

“Hal yang cukup sulit dicapai ketika mengembangkan New Yaris yaitu bagaimana mendapatkan NV (Noise and Vibration) yang baik,” ujar Kasamatsu, Selasa (20/2/2018).

Baca juga : Yaris Baru Banjir Fitur, Harga Masih di Angka Aman

Toyota New Yaris 2018.KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRI Toyota New Yaris 2018.

Kemudian kedua kata Kasamatsu, yaitu mengimplementasi konsep fun to drive pada model terbaru Yaris untuk diberikan kepada konsumen. Perbaikan dan perbedaan antara New Yaris dan model sebelumnya akan terasa ketika dicoba langsung.

“Bagaimana para engineer mengakomodir engine capacity yang sama dengan sebelumnya, peningkatan body agility, serta perbaikan pada sisi suspensi yang sama tapi disetel ulang. Saya ingin teman-teman bisa membandingkan antara Yaris lawas dan baru seperti apa,” kata Kasamatsu.

Yaris punya dua mode berkendara Eco dan Sport, di mana untuk yang TRD transmisi CVT terdapat paddle shift berada di belakang setir, yang dapat membantu pengemudi merasakan pergantian gigi bagai seorang pebalap.

Lalu untuk urusan keamanan ada tujuh SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Berkut harga lengkap New Yaris 2018.

E MT Rp 235,4 juta

E CVT Rp 247,2 juta

G MT Rp 243,7 juta

G CVT Rp 254,7 juta

TRD Sportivo MT Rp 264,1 juta

TRD Sportivo CVT Rp 275,9 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com