Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Masih Terlaris di Dunia

Kompas.com - 26/02/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Uxbridge, KOMPAS.com – Meski secara grup atau persekutuan, aliansi Nissan mengumpulkan penjualan paling banyak se-dunia 2017, dan posisi kedua diduduki Volkswagen. Tapi, jika murni dihitung berdasarkan merek saja, Toyota juaranya.

Fakta tersebut seperti diungkapkan JATO Dynamics analis yang berbasis di Uxbridge Inggris, dari Autoevolution, Minggu (25/2/2018). Mengonsolidasi data penjualan mobil dari 52 pasar dunia, Toyota masih menguasai dunia dengan total penjualan 7.843.423 mobil baru pada 2017.

Lalu rivalnya, Volkswagen, terjual sekitar 6.639.250 unit atau 1,2 juta lebih sedikit dari Toyota. Kemudian merek lain berdarah Jepang Nissan, yang secara aliansi berada di puncak, ada urutan keempat dunia, dengan 4.834.694 unit.

Sementara itu jika melihat secara kelompok, Nissan-Renault-Mitsubishi mencapai penjualan total 10,6 juta unit tahun lalu. Kemudian pada posisi kedua ada Volkswagen 10,53 juta unit dan jauh di bawah atau posisi ketiga ditempati Toyota dengan 10,2 juta unit.

Baca juga : Penyebab Toyota Turun ke Posisi Tiga Jualan Global

JATO mengungkapkan juga kalau pada 2017 lalu, orang di seluruh dunia telah membeli 86,05 juta mobil. Angka tersebut mengalami kenaikan 2,4 persen dibanding depanjang 2016. Maksud mobil menurut perspektif JATO, yaitu kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan, tak tergolong truk atau supercar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com