Kompas.com - 28/02/2018, 12:02 WIB

Jakarta, KOMPAS.com – Pada Agustus tahun lalu, SUV baru Volkswagen, T-Roc, menjalani debut dunia, kemudian penjualannya dimulai di Eropa. Sayangnya, SUV pesaing Honda HR-V, Toyota C-HR, atau Mazda CX-3 itu belum ditujukan buat Indonesia.

T-Roc berukuran lebih kecil dari Tiguan sebagai satu-satunya SUV Volkswagen yang kini dijual di Indonesia. Di pasar global Volkswagen punya SUV seperti Touareg dan Touran yang juga pernah ditawarkan di Indonesia.

Jonas Chendana, Chief Operation Officer Garuda Mataram Motor sebagai pemengang merek Volkswagen mengatakan T-Roc kemungkinan cocok buat Indonesia. T-Roc bisa menjangkau konsumen baru dan karena ukuran lebih kecil dari Tiguan juga berarti harga T-Roc berada di bawahnya.

Baca: VW Enggak Terlalu Berharap Wacana Pajak Sedan

Volkswagen T-RocDok. VOLKSWAGEN Volkswagen T-Roc

Namun kendala T-Roc, disebut Jonas, yaitu soal spesifikasi mesin. T-Roc punya enam opsi mesin, bensin dan diesel yang semuanya turbocharger. Pada mesin bensin tersedia 1.0L, 1.5L, dan 2.0L.

“Di sananya belum sampai ke level untuk mesin Asia Tenggara. Sementara ini belum, tapi enggak tahu nanti,” kata Jonas, di Tangerang, Sabtu (24/2/2018).

Volkswagen T-Roc.Dok. VOLKSWAGEN Volkswagen T-Roc.

Jonas tidak menjelaskan lebih detail tentang spesifikasi mesin buat Asia Tenggara. Bisa jadi rujukannya soal penyesuaian mesin ke kualitas bahan bakar yang tersedia, Indonesia baru masuk ke Euro IV pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.