Ini Deretan Moge yang Dipakai "Voorijder"

Kompas.com - 21/01/2018, 08:05 WIB
Iring-iringan Presiden Joko Widodo terjebak kemacetan saat akan menuju lokasi peringatan HUT ke-72 TNI. Jokowi pun berjalan kaki sepanjang 3 kilometer menuju lokasi. KOMPAS.com/IHSANUDDINIring-iringan Presiden Joko Widodo terjebak kemacetan saat akan menuju lokasi peringatan HUT ke-72 TNI. Jokowi pun berjalan kaki sepanjang 3 kilometer menuju lokasi.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia diketahui menggunakan sejumlah sepeda motor berkubikasi besar atau moge untuk kendaraan dinasnya. Motor-motor ini biasanya digunakan baik untuk patroli jalan raya maupun pengawalan pejabat negara atau perwira tinggi.

Baca juga : Moge Penerobos Busway Terbukti Bukan Kendaraan Polisi

Bengkel Merzyta Motor merupakan bengkel yang rutin menservis motor-motor dinas polisi atau tentara. Sang pemilik bengkel, Suyono menyebutkan dari empat jenis, ada tiga jenis moge polisi yang pernah ditangani langsung olehnya. Berikut daftar moge tersebut:

1. Yamaha P900

Yamaha P900 merupakan salah satu motor sport turing yang diproduksi pabrikan berlambang garpu tala. P900 merupakan salah satu moge polisi atau tentara yang paling mudah ditemui saat digunakan di jalan raya.

P900 memiliki kapasitas silinder 892cc yang masih berpengindin udara. Sistem pembakarannya pun masih menggunakan karburator.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha P900 yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad Rudi Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha P900 yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

2. Yamaha FJR1300

Moge selanjutnya yang juga digunakan oleh polisi Indonesia masih produk Yamaha. Motor ini adalah FJR1300. Seperti P900, FJR1300 juga digolongkan sebagai sport turing.

Motor yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi ini memiliki kapasitas silinder 1298cc. FJR1300 memiliki mesin 4 silinder segaris yang dilengkapi sistem pendingin cairan.

Yamaha FJR1300 model 2016.asphaltandrubber Yamaha FJR1300 model 2016.


3. Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic

Electra Glide Ultra Classic merupakan motor bermesin V-Twin berkapasitas 1.609cc. Electra glide merupakan salah satu varian motor turing andalan dari Halrley Davidson.

Motor ini memiliki tiga box di bagian belakang, masing-masing di bagian belakang, samping kanan dan kiri. Jok bagian belakang juga dilengkapi sandaran untuk boncenger.

Harley Davidson Electra Glide Ultra Classicwww.kompas.com Harley Davidson Electra Glide Ultra Classic


4. Honda Gold Wing

Menurut Suyono, Honda Gold Wing merupakan satu-satunya moge polisi yang belum pernah ditanganinya. Sebab perawatan motor yang satu ini disebutnya langsung diserahkan ke Astra Honda Motor.

Gold Wing merupakan salah satu moge premium yang dimiliki Honda. Motor yang memiliki kapasitas silinder mencapai 1.832cc ini tergolong susah dijumpai. Biasanya Gold Wing hanya terlihat untuk pengawalan VVIP, seperti untuk pengawalan Presiden, Wakil Presiden, ataupun kepala negara lain yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Honda Goldwing 2016Azwar Ferdian/KompasOtomotif Honda Goldwing 2016



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.