Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KALEIDOSKOP Otomotif

Merek Mobil China Mulai "Menjamur" di Indonesia

Kompas.com - 26/12/2017, 09:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Produsen otomotif yang ada di Indonesia semakin beragam. Bukan hanya dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat (AS), merek asal China seperti Wuling Motors dan Sokonindo Automobile ikut meramaikan pasar nasional.

Bahkan, kedua merek itu langsung berinvestasi mendirikan pabrik perakitan di Tanah Air. Investasi yang dikucurkan cukup besar, yaitu 700 dollar AS untuk Wuling, bahkan kini sudah mulai menjual Confero.

Pabrik itu merupakan perusahaan kongsi antara tiga pihak, yakni SAIC dengan saham kepemilikan sebesar 50,1 persen, General Motor China dengan 44 persen, dan Guangxi Automobile Group ( Wuling Motor) dengan 5,9 persen.

Tempat perakitan yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA Nomor 1 dan 2, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, itu berdiri di atas area seluas 60 hektar.

Wuling Confero S yang diserahkan kepada konsumen di Panatai Carnaval Ancol, Sabtu (21/10/2017).Ghulam/KompasOtomotif Wuling Confero S yang diserahkan kepada konsumen di Panatai Carnaval Ancol, Sabtu (21/10/2017).

Terbagi rata menjadi dua bagian, untuk lokasi perakitan serta pemusatan penyuplai asal China dan Amerika Serikat. Pabrik ini Setidaknya menyerap 3.000 tenaga kerja.

Baca juga: Menperin Rekomendasi Pabrik Mobil Sokon ke Jokowi

Selain Confero, tahun depan Wuling juga akan meluncurkan produk baru di segmen MPV menengah, yaitu Cortez.

Selanjutnya, Sokon baru meresmikan pabrik di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Tempat perakitan itu berdiri di atas lahan 20 hektar, dengan kapasitas produksi sampai 50.000 setiap tahunnya.

Investasi yang digelontorkan sampai Rp 150 juta dolar Amerika Serikat (AS), dan mau ditingkatkan sampai Rp 300 juta dolar AS untuk membangun engine plant.

Selain itu, 90 persen dari tenaga kerja yang ada merupakan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air, yang terus menerus akan mendapatkan binaaan dan pelatihan untuk menjadi mahir di industri otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal.

Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.

 

Target lainnya adalah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas, dan penjualan.

Baca juga: Wuling Pastikan Ada MPV Baru Awal 2018
 
Pabrik tersebut akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung, belum termasuk sekitar 4.000-4.500 lainnya yang terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok sampai jaringan dealer.

Tahap awal, merek asal China itu akan meluncurkan SUV Glory 580 pada awal 2018. Model itu bakal punya dua pilihan mesin, yaitu 1.5L dan 1.8L.

Kedua merek itu akan bersaing dengan produsen otomotif yang sudah ada di Indonesia. Bahkan, masuknya produk China ini bisa menjadi ancaman buat pabrikan lain, karena banderol dan kualitas yang ditawarkan cukup bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com