Produksi Toyota Etios Distop Jika Sudah Tidak Laku

Kompas.com - 16/12/2017, 07:22 WIB
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Data penjualan Toyota Etios dari pabrik ke diler (wholesales) setiap bulan terus mengalami penurunan. Terakhir sepanjang November 2017 hanya terjual dua unit, padahal di Oktober masih 51 unit atau anjlok 96,8 persen.

Peminat mobil kota ( city car) itu sudah berkurang, salah satu penyebabnya tidak punya pilihan transmisi otomatis. Padahal disegmen itu konsumen cenderung memilih matik ketimbang manual.

Melihat penurunan itu, Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan bahwa sampai sekarang model itu masih diproduksi. Belum bisa dipastikan kapan akan distop produksinya.

“Jadi pasar yang menentukan, kalau sudah tidak ada permintaan lagi untuk apa kita produksi,” ucap Warih kepada KompasOtomotif, Kamis (14/12/2017) malam di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: November 2017 Etios Hanya Terjual Dua Unit!

Pemasok komponen untuk Etios, lanjut Warih masih tetap menyuplai hingga awal Desember 2017 ini. Dipastikan sampai tutup tahun ini masih memproduksi mobil kota itu, sesuai dengan permintaan konsumen.

“Mengenai tahun depan, bisa kita lihat nanti. Poin utama tergantung dari pasar saja, kalau masih ada yang minat harus tetap kita produksi, kalau sudah tidak ada baru kita stop,” ujar Warih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X