Kapan Jakarta Terapkan Tilang Elektronik?

Kompas.com - 08/12/2017, 11:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotif - Meskipun belum ada Peraturan Kapolri, Pemerintah Kota Surabaya diketahui sudah mulai menerapkan tilang secara elektronik atau e-tilang. Untuk tahap awal, e-tilang ditujukan bagi para pelanggar lalu lintas di empat persimpangan dan satu ruas jalan yang sudah dilengkapi kamera pengawas dan alat pengukur kecepatan.

Di sisi lain, sistem yang sama belum diterapkan di Jakarta. Sampai saat ini, rencana penerapan e-tilang di Jakarta masih dalam tahap uji coba. Penindakan kepada pelanggar melalui kamera pengawas masih sebatas teguran langsung, belum sampai ke penindakan hukum.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Iskandar Abubakar menyatakan, penerapan e-tilang di Jakarta kemungkinan baru dimulai tahun depan. Bersamaan dengan penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP).

Baca juga : Pelanggar Garis Zebra Cross Kini Bisa Diteriaki Lewat Pengeras Suara

"Jakarta dalam waktu dekat akan menerapkan ERP. Untuk ERP ini penegakan hukumnya memang melalui e-tilang atau law enforcement electronic. Jadi kemungkinan tahun depan akan dilaksanakan," kata Iskandar saat menghadiri acara Indonesia Road Safety Award 2017 di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Foto ilustrasi penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Lim Teck Kim Singapura.Josephus Primus Foto ilustrasi penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Lim Teck Kim Singapura.

Sampai sejauh ini berdasarkan hasil kajian, ERP di Jakarta kemungkinan akan diterapkan di sejumlah jalan protokol, seperti di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Jenderal Sudirman, dan Gatot Subroto.

Baca juga : Bagaimana Jika Motor Ikut Kena ERP?

Pada awalnya, ERP hanya akan diterapkan untuk mobil pribadi. Namun dalam perkembangannya, Pemprov DKI juga berencana akan mengenakan ERP bagi sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.