Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Intim dengan "W Engine" Buatan Porwokerto

Kompas.com - 17/11/2017, 11:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - M Yusub Adib dari dari Psycho Engine Purwokerto, kembali membut gebrakan dengan melahirkan mesin W Engine yang dirancang untuk iconic bike ketiga dari rangkaian Suryanation Motorland 2017.

Menggunakan basis Harley-Davidson Sporter 883 lansiran 1996, Yusuf menambahkan satu silinder pada bagian depan. Dari semula berkonfigurasi V-Twin menjadi W Engine.

Bicara soal pengerjaan, builder yang namanya langsung naik panggung berkat karya Honda Tiger lima silinder ini mengaku tidak terlalu banyak mengalami kesulitan. Namun tetap saja ada beberapa tantangan, contohnya seperti  perhitungan yang matang dalam meramu komponen dalam.

"Silinder belakang diputar, jadi standar V-Twin ex-in dan in-ex setelah berubah jadi W, silinder belakang berfungsi in-ex. Untuk silinder tengah dan depan tetap in-ex," ucap Yusuf kepada media di Surabaya (13/11/2017).

Baca : Kustom "W Engine" Pertama Karya Anak Bangsa

W Engine Karya Psyco Engine W Engine Karya Psyco Engine

Yusuf menambahkan bahwa mesin W Engine karyanya hanya menggunakan lima camsaft, sedangkan untuk tiap silinder ditopang oleh satu karburator Sudco 38 PWK.

"Logikanya tiga silinder harusnya enam cam, tapi kalau enam tidak akan ketemu perbandingannya. Cam sama crankshaft itu harus 1:2, cam 2, crankshaft 1," kata Yusuf.

Sementara untuk menggerakan as lifter pada silinder depan, Yusuf menambah satu gir menggunakan Sportster. Total W Engine garapan Yusuf memiliki lima gir.

Untuk piston dan setangnya tetap menggunakan asli, tapi kruk as dimodifikasi untuk mengimbangi sistem kerja komponen dalam.

Iconic Bike Suryanation gunakan mesin W Engine Iconic Bike Suryanation gunakan mesin W Engine

"Gir keempat berfungsi menggerakan ex silinder tengah sekaligus in silinder depan. Sedangkan ex silinder depan digerakkan gir tambahan. Setang seher asli di kustom dengan kruk as. Dibuat tebel, dibesarkan, dan bobotnya ditambah sampai tiga kilogram dari aslinya," papar Yusuf.

Tidak sampai di situ, Yusuf juga membenamkan tiga plat kopling tambahan agar saat digeber tidak selip. Total kubikasi mesin naik 883 menjadi 1.324 cc. Sementara untuk detail performanya, Yusuf mengatakan belum sempat untuk melakukan dyno test.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com