Kustom "W Engine" Pertama Karya Anak Bangsa - Kompas.com

Kustom "W Engine" Pertama Karya Anak Bangsa

Azwar Ferdian
Kompas.com - 13/11/2017, 09:42 WIB
Iconic Bike Suryanation gunakan mesin W Engine Iconic Bike Suryanation gunakan mesin W Engine

Surabaya, KompasOtomotif - Gelaran final Suryanation Motorland 2017 di Surabaya menjadi ajang lahirnya iconic bike ketiga. Sepeda motor kustom berbasis Harley Davidson Sportster lansiran 1996 ini lahir dengan konsep Digger.

Proses pengerjaan dilakukan cukup panjang, yang digarap oleh tiga builder ternama, yakni M Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto, Lulut Wahyudi Retro Classic Cycle, dan Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company Jepang.

"Ini jadi salah satu motor kolaborasi yang sangat menarik, bukan hanya karena dikerjakan lebih dari satu builder dan antar negara, tapi mesin W Engine ini pertama yang dibuat dari Indonesia," kata Lulut kepada media di Surabaya, Sabtu (11/11/2017).

Menurut Lulut, bicara masalah kesulitan selama pengerjaan lebih pada faktor komunikasi dan proses yang memakan waktu. Lulut mencoba mengkomunikasikan yang menjadi keinginan antara Yusuf dan Kurosu.

W engine garapan M Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto W engine garapan M Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto
Baca : Harley Softail, Motor "Kustom" Terbaik di Bali

"Awalnya mau bikin Chopper, tapi Kurosu menilai mesin W Engine yang dibangun Yusuf sangat bertenaga jadi diganti Digger. Akhirnya saya bikin frame sesuai yang diminta Kurosu lalu dikirim ke Jepang karena pengerjaan bodywork dilakukan di sana. Setelah jadi, kirim balik laki ke Indonesia untuk pasang mesin," ucap Lulut.

Proses pengiriman ini yang sangat memakan waktu pengerjaan. Sementara untuk ubahan mesin dari dua silinder menjadi tiga alias W Engine dikerjakan Yusuf kurang lebih selama enam bulan.

Baca : Trike Harley Jadi-jadian, "Ojo Dumeh"


"Ada riset dulu sampai beberapa kali untuk memastikan mesin bekerja sempurna hingga akhirnya bisa naik pasang. Jujur untuk performanya berapa, kita belum lakukan pengetesan karena baru pasang minggu lalu untuk tampil sekarang, tapi saya sudah coba tes jalan sejauh 70 km tidak ada masalah," ujar Yusuf.

Motor ini rencananya akan ikut diberangkatkan bersama motor kustom yang menjadi The Greatest Bike Suryanation 2017 ke International Bike Expo di Verona, Italia, pada Januari 2018 mendatang.

PenulisAzwar Ferdian
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM