Ruang Gerak Truk Mulai Dibatasi di Tol Cikampek

Kompas.com - 04/11/2017, 09:22 WIB
Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan. KOMPAS/RIZA FATHONIKepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, mulai melakukan uji coba pembatasan angkutan barang di ruas Tol Jakarta-Cikampek, pada 6-17 November 2017.

Truk yang tidak boleh melintas hanya golongan empat dan lima, seperti kontainer dan truk gandeng. Selama masa uji coba, angkutan barang itu tidak boleh melintas pukul 06.00-09.00 WIB setiap Senin-Jumat.

Informasi dari akun instagram @bptjkemenhub, uji coba ini dilakukan di kedua arah jalan Tol. Arah Cikampek dari Cawang hingga Dawuan, dan menuju Jakarta dimulai ruas Dawuan sampai Cawang.

Baca juga: Isuzu Sambut Positif Pembatasan Muatan Barang

Sebelumnya, BPTJ sudah pernah melakukan uji coba pembatasan di ruas jalan Tol itu, namun hanya satu arah. Setelah dievaluasi ternyata kecepatan kendaraan meningkat hingga 15 persen.

 

#anakkota, kini ujicoba pengaturan angkutan barang dilaksanakan dua arah lho. Kapan? Simak infografis ini yuuk @kemenhub151 @BudiKaryaS @bambangprihartono2

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A post shared by BPTJ 151 (@bptjkemenhub) on Nov 2, 2017 at 6:34am PDT

Setelah masa percobaan ini selesai, maka menurut Kepala BPTJ, Bambang Prihartono akan membuat Peraturan Menteri, agar bisa segera direalisasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.