Suzuki Sudah Mau Segarkan Tampilan GSX 150 Series

Kompas.com - 31/10/2017, 16:22 WIB
Suzuki GSX-R 150 dan GSX-R 125. Ada yang bisa membedakannya? SuzukiSuzuki GSX-R 150 dan GSX-R 125. Ada yang bisa membedakannya?
|
EditorAgung Kurniawan


Kuala Lumpur, KompasOtomotif
– “Moncernya” volume penjualan Suzuki GSX 150 series, terutama versi fairing atau R, tak membuat Suzuki Indomobil Sales (SIS) Roda Dua lekas puas diri. Menurut rencana SIS akan meluncurkan facelift atau pembaharuan GSX 150 series pada awal-awal 2018.

"Ada beberapa yang sudah kita siapkan, mungkin boleh dibilang pembaharuan minor. Tapi ada tambahan sedikit di bodi dan sudah kita siapkan agar terlihat perubahaan itu kasat mata dan akan diperkenalkan pada awal 2018," ungkap Kepala Penjualan dan Pemasaran Divisi Roda Dua Suzuki Indomobil Sales (SIS) Roda Dua, Yohan Yahya kepada KompasOtomotif di Sepang, Malaysia, Minggu(29/10/2017).

Dia pun tak merinci lebih jauh, apakah GSX R 150 versi fairing atau GSX S 150 versi naked yang akan diperkenalkan pada awal tahun tersebut. Namun, yang jelas keduanya akan mengalami pembaharuan dan diperkenalkan tahun depan.

“Ke dua-duanya akan diperkenalkan, tapi tidak dalam tidak bersamaan waktunya, “ ujar Yohan.

Pembaharuan minor tersebut kata, Yohan, merupakan suatu keharusan demi penyegaran produk. Apalagi saat ini, gaya konsumen roda dua di Indonesia lebih cepat merasakan bosan.

"Kalau dahulu 1-2 tahun baru ganti modal, sekarang ini sekitar 3, 4, 6 bulan, dan maksimal 1 tahun minta penyegaran," kata Yohan.

Sebagai informasi, varian GSX 150 R menjadi salah satu produk yang menyumbang angka penjualan tertinggi bagi SIS. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) volume penjualan GSX R 150 dari Januari 2017 - Agustus 2017, berjumlah 22.936 unit. Sementara itu, total penjualan GSX S 150 dalam kurun waktu tersebut hanya 6.283 unit.

Suzuki Satria F150 warna dan grafis baru.Suzuki Suzuki Satria F150 warna dan grafis baru.

Gerus Satria

Lain GSX 150 series lain pula dengan Satria. Sejak kehadiran Honda Sonic, jagoan ayago dari Suzuki itu terlihat tak segarang dahulu lagi dalam volume penjualan. Selain Sonic, kehadiran GSX series pun ditenggarai ikut menyebabkan angka penjualan Satria 150 R menurun karena memakan pangsa pasarnya.

Namun, hal tersebut di bantah Yohan Yahya. Dia menegaskan kalau penurunan angka penjualan All New Satria bukan karena kehadiran GSX series, tetapi lebih disebabkan tren pasar di kelas tersebut yang sedang menurun.

"Dahulu waktu Satria bermain sendirian per bulan bisa terjual 25.000 unit. Sekarang bersama Honda Sonic paling sebulan Satria terjual 4.000 - 5.000 unit," ucap Yohan.

Dia juga menegaskan kalau kehadiran GSX 150 series tidak memakan pasar All New Satria. Ini karena keduanya merupakan model yang berbeda sehingga punya segmen pasar sendiri-sendiri.

Adapun Satria pada September 2017, sudah mendapat penyegaran pada sisi warna agar konsumen tidak merasa bosan. Yohan pun mengaku kalu facelift minor atau ubahan kecil itu hanyalah bagian dari penyegaran produk.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X