Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Sirkuit Sepang, Malaysia

Suzuki Ubah Strategi di Balapan GP Malaysia

Kompas.com - 29/10/2017, 08:22 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


Kuala Lumpur, KompasOtomotif
– Tren positif Suzuki Esctar di MotoGP sepertinya akan berlanjut di seri Sepang, Malaysia setelah kedua pembalapnya mampu menghuni posisi sepuluh besar di sesi kualifikasi.

Alex Rins akan memulai balapan dari posisi delapan, setelah mencetak waktu 1 menit 59.992 detik. Sedangkan Andrea Iannone menempati posisi ke sembilan dengan catatan waktu 2 menit 00.119 detik.

Pencapaian tersebut seolah menegaskan bahwa Suzuki mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan jelang akhir musim ini. Pada seri Motegi Jepang, kedua pebalapnya finish di posisi empat dan lima, sementara di Philip Island, Andrea mampu menyelesaikan balapan di posisi ke enam.

Baca Juga: Begini Rasanya Ada di Paddock Pebalap MotoGP

Manager Team Suzuki Esctar Davide Brivio mengatakan, hasil bagus di kualifikasi Sepang tak lepas dari strategi pada sesi latihan bebas yang berlangsung pada Jumat pagi (27/10/2017) dan Sabtu siang (28/10/2017).

Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio saat memberikan keterangan kepada jurnalis Indonesia di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017). Mikhael Gewati Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio saat memberikan keterangan kepada jurnalis Indonesia di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017).

Strategi pertama, baik Iannone dan Rins melakukan putaran latihan dengan menggunakan motor Suzuki GSX-RR tanpa fairing baru. Sementara itu, strategi kedua mereka memacu tunggangannya yang sudah dilengkapi desian fairing terbaru.

Sebagai informasi, Tim Suzuki Estar sebenarnya telah menggunakan komponen baru tersebut di dua seri sebelumnya yang terbukti memberikan hasil bagus.

Hal ini, terjadi sebab desain fairing baru tersebut dapat memperlancar aliran angin yang masuk ke dalam bodi motor. Hasilnya traksi ban depan pun meningkat karena daya angkat ban saat melakukan akselerasi berkurang.

Baca Juga: Suzuki Pertahankan Duet Iannone dan Rins

Meski menguntungkan, Davide Brivio dan tim tak menggunakan desain fairing baru pada sesi kualifikasi. Kondisi itu terjadi karena kedua pebalap baik Iannone dan Rins sudah cukup yakin dengan performa motor tanpa fairing baru.

Namun, kejutan sebenarnya adalah saat Race day Minggu (29 Oktober 2017). Tim Suzuki Esctar telah memutuskan akan menggunakan menggunakan fairing baru di kedua motor GSX-RR pembalap.

“Saya lihat Iannone semakin nyaman dengan Suzuki GSX-RR, dan Rins pun semakin banyak pengalaman dan lebih percaya diri untuk bergerak ke barisan terdepan. Semoga mereka dapat memperoleh hasil lebih baik pada balapan nanti,” ungkap Davide Brivio, Sabtu (29/10/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com