Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Sirkuit Sepang, Malaysia

Suzuki Berharap Indonesia Bisa Gelar MotoGP

Kompas.com - 28/10/2017, 09:22 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Manager Tim Suzuki Ecstar Davide Brivio berharap agar balapan MotoGP di Asia Tenggara tidak hanya di Thailand dan Malaysia, tetapi juga bisa digelar di Indonesia.

“Kami (Suzuki Ecstar) sangat senang datang ke Indonesia, sama seperti kami datang untuk balapan di Sepang, Malaysia. Jadi, kami ingin lagi melihat seri balapan seperi ini lagi dan lagi di Asia,” ujar Brivio kepada para jurnalis Indonesia di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017).

Lebih dari itu, dia mengatakan, populasi penggemar atau fans MotoGP di Indonesia sangatlah besar. Bahkan bila dibandingkan dengan Italia dan Spanyol, animo MotoGP di Tanah Air tidak kalah dari dua negara itu.

“Jadi kenapa tidak MotoGP datang ke Indonesia, sebab di sana mereka punya banyak fans,” kata Brivio.

Baca juga: Thailand Resmi Geser Indonesia sebagai Tuan Rumah MotoGP

Menurut dia, selain mengobati kerinduan para fans, penyelenggaraan MotoGP juga baik untuk pasar MotoGP dan industri sepeda motor.

Andrea Iannone dan Alex Rins dari Suzuki Ecstar MotoGP bertarung habis-habisan musim ini.Suzuki Racing Andrea Iannone dan Alex Rins dari Suzuki Ecstar MotoGP bertarung habis-habisan musim ini.

Sirkuit

Sebelumnya, Sekretasis Jendral Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jeffrey JP yang mendampingi tim Hermann Tilke saat ke Palembang mengatakan tidak mungkin Indonesia menggelar MotoGP pada tahun depan. Alasannya, teknis desain pembangunan sirkuit itu direncanakan pada Maret 2018.

Baca Juga: Indonesia Incar Tuan Rumah MotoGP 2019 atau 2020

“Jadi nanti Tilke akan menginformasikan tahapan pembangunannya ke Dorna. Palembang mulai membangun infrastruktur mungkin di akhir November 2018. Di situ baru terlihat Indonesia memungkinkan masuk kalender 2019 atau 2020,” ucap Jeffrey belum lama ini.

Rencananya sirkuit MotoGP sepanjang 4,31 km akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar di Palembang. Sirkuit itu punya 14 tikungan dengan trek lurus sepanjang 750 m yang bisa dipacu motor sampai lebih dari 300 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com