Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pertamina Mulai Tolak Tunai di SPBU?

Kompas.com - 18/09/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina (Persero) mulai aktif mendorong penggunaan transaksi uang elektronik. Bahkan melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia, Pertamina merencanakan mulai Januari 2018 semua SPBU di Pontianak sudah memberlakukan non tunai.

Lantas kapan penerapan terpadu sistem cashless pada semua SPBU Pertamina? Menjawab pertanyaan tersebut, VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, mengatakan, belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai kepastian waktu penerapan secara menyeluruh.

"Yang jelas untuk Jakarta sampai saat ini kita masih tahap perbaikan sistem point of service (POS) terlebih dahulu. Karena supaya terintegrasi itu kan banyak jaringan nantinya. Belum ada kepastian kapan, sekarang kita ke sosialisasi dulu," ucap Adiatma saat dihubungi KompasOtomotif, Minggu (17/9/2017).

Menurut Adiatma, untuk penerapan di Pontianak lebih karena mendapat atensi dari pemerintah kota, sehingga terjalin kerja sama. Karena itu ada target waktu sampai kapan serta proses pengaplikasian untuk mendorong ke transaksi non tunai.

Baca :  Setelah Tol, Beli BBM Juga Wajib Pakai Uang Elektronik


Contoh seperti pemberlakuan jalur khusus pada hari Sabtu dan Minggu. Proses tersebut diakui untuk lebih mengenalkan uang elektronik sebagai transaksi dan wujud sosialisasi sebelum semua jalur pengisian di SPBU Pontianak nantinya cashless.

"Pada intinya kita belum ada pembicaraan target penerapan secara nasional, jadi belum ada deadline. Saat ini Pertamina lebih ke masalah uji coba untuk lihat respon masyarakat sekaligus mempersiapkan jaringan. Kalau sudah (penetapan) pasti nanti juga ada kabarnya," kata Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com