Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Kasih Lampu Hijau buat Zarco dan Folger

Kompas.com - 01/09/2017, 08:03 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Motorsport

Silverstone, KompasOtomotif - Valentino Rossi akhirnya mengakui tertarik dengan duet pebalap rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger. Bahkan The Doctor ingin melihat keduanya menggeber YZR-M1 dengan spesifikasi 2017 seperti yang digunakan Rossi saat ini.

Zarco dan Folger memang masih menggunakan motor balap yang sama dengan musim lalu. Namun melihat perkembangan dari keduanya, Rossi mencoba meyakinkan Yamaha untuk menerapkan strategi kontrak pabrikan seperti yang dilakukan Honda pada Cal Crutchlow.

"Folger dan Zarco cepat, akan menarik melihat mereka dengan motor yang digunakan kami. Ini sesuatu yang harus disikapi oleh Yamaha," ucap Rossi yang dikutip dari Motorsport, Kamis (31/8/2017).

Menurut Rossi, keduanya pebalap rookie tersebut memang memiliki perkembangan yang baik. Bahkan performa dari keduanya kadang-kadang bisa mengalahkan kemampuan The Doctor dan Maverick Vinales.

Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech 3 Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech 3
Baca : Rossi Bicara Soal Gelar Juara Dunia 2017

"Honda melakukan pekerjaan yang hebat dengan menggandeng Crutchlow. Dia terkadang menjalani tes dilintasan menggunakan motor yang sama saat Marc Marquez dan Dani Pedrosa tidak bisa. Kami belum bisa melakukan itu kepada Tech 3, karena motor kami berbeda," kata The Doctor.

Langkah pendekatan Yamaha pada kedua pebalap tersebut sebenarnya sudah terlihat saat akan bertarung di Silverstone pekan lalu. Dalam sesi latihan bebas, Yamaha memberikan kesempatan Zarco dan Folger menguji fairing arodinamika yang baru dikembangkan.

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi (depan), memacu motornya di depan pebalap Monster Yamaha Tech3 asal Perancis, Johann Zarco, pada balapan GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (23/4/2017).MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi (depan), memacu motornya di depan pebalap Monster Yamaha Tech3 asal Perancis, Johann Zarco, pada balapan GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (23/4/2017).

Meski saat balap tidak menggunakannya, tapi keduanya cukup senang untuk melakukannya.

"Saya senang Yamaha memberikan kami kesempatan mencoba fairing ini. Di beberapa balapan kami cukup cepat dibandingkan dengan tim pabrikan, tapi mereka masih mendukung dan itu sangat bagus. Untuk menguji beberapa material untuk Yamaha adalah hal bagus. Itu berarti mereka percaya pada Anda, dan Anda bisa membantu mereka membuat motor lebih baik," kata Folger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com