Toyota Selesaikan Kasus Takata Tahun ini

Kompas.com - 30/08/2017, 18:22 WIB
Salah satu fasilitas Takata Corp. cochranfirmdc.comSalah satu fasilitas Takata Corp.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan kasus recall Takata akan selesai tahun ini. Seperti diketahui, beberapa produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia ikut terkena imbas dari permasalahan inflator airbag Takata.

Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, mengatakan pihaknya sedang mendorong konsumen untuk melakukan perbaikan terhadap mobil yang kena dampak dari kasus inflator pada kantung udara Takata.

"Di Indonesia kan kurang lebih ada 8.000 - 9.000 unit yang kena, kita sih sudah mulai (recall) sejak 2016, tapi akan kita intensifkan tahun ini. Kita pinginnya lebih cepat kelar," ucap Warih kepada bebera wartawan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/8/2017).

Baca : Takata Akhirnya Bangkrut

Toyota Indonesia memang sejak tahun lalu sudah mengkampanyekan perbaikkan terhadap empat model yang tekena dampak dari inflator Takata.

Daftar model yang kena recall airbag inflatorAditya Maulana - Otomania Daftar model yang kena recall airbag inflator
Mulai dari Corolla lansiran 2001 hingga 2007, Camry 2002 sampai 2005, Vios 2004 sampai 2008, dan Yaris 2005 hingga 2008, jumlah dari keseluruhannya mencapai 40.280 unit.

Baca : Toyota Juga Alergi Pakai "Inflator Airbag" Takata

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan baru-baru ini Toyota di Vietnam sudah mengumumkan kampanye recall terhadap 20.000 unit Vios dan Yaris hatchback akibat Takata. Dilansir dari Vir.com, Vios yang terkena dampak merupakan lansiran Januari 2009 hingga Desember 2012, sementara untuk Yaris produksi September 2009 hingga Agustus 2012.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.