Kompas.com - 17/08/2017, 09:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotifToyota memperkenalkan Hiace Luxury di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ini adalah tipe paling mewah dari commercial van yang menjadi andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengakomodasi segmen kendaraan niaga.

Adanya Line up terbaru ini membuat Hiace makin lengkap. Mulai tipe 2.5 Standard, 2.5 Commuter, dan kini ada 2.5 Luxury. Tipe terakhir ini meluncur demi memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap segmen commercial van sebagai kendaraan yang lebih lega, mewah, dan menyenangkan.

”Sebagai kendaraan komersial, kehadiran varian ini diharapkan semakin menunjang kegiatan usaha pelanggan terutama yang bergerak di sektor transportasi dan pariwisata yang kian berkembang,” ujar Fransiskus Soerjopranoto, Executive GM TAM, (16/8/2017).

TAM mengklaim, kendaraan ini handal untuk perjalanan jarak jauh, baik antar kota maupun untuk kebutuhan transportasi dalam kota. Ekspektasi terhadap Hiace semakin meningkat, karena mereka menghendaki kendaraan yang lebih lega, mewah, dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Interior Toyota Hiace tipe Luxury makin mewah dengan 11 bangku.TAM Interior Toyota Hiace tipe Luxury makin mewah dengan 11 bangku.
Perbedaan
Dari sisi desain eksterior dan interior, New Hiace Luxury dikembangkan dengan konsep mewah dan menyenangkan. Terdapat paket krom pada bagian radiator grille, kaca spion, dengan tulisan emblem Luxury yang lebih menonjol pada bagian belakang. Pelek alloy ukuran ban 195/R15 membuat penampilannya terlihat lebih kokoh.

Demi kenyamanan lebih baik, interior dirancang untuk kapasitas 11 bangku, dimana row 1 dan 2 menggunakan desain captain seat, dibalut bahan kulit dan dilengkapi dengan Ottoman dan Sliding 4 arah. Bangkunya juga dilengkapi meja lipat dengan cup holder.

Head unit menggunakan AVX 6 inci, lebih mewah dibandingkan varian lain serta bahan material lantai lebih berkualitas. Tidak kalah dengan mobil penumpang, fitur keselamatan mobil ini juga dilengkapi sensor parkir, sistem pengereman ABS, dan Dual SRS Airbags.

Seperti varian lainnya, New Hiace Luxury menggunakan mesin tipe 2KD-FTV Turbocharged dengan 4-silinder, yang sudah teruji kemampuannya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 PS dan torsi maksimum 26,5 Kgm, menggunakan transmisi manual dengan 5-percepatan.

Segmen commercial van mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2016 lalu, total penjualan di segmen ini mencapai 2.472 unit atau tumbuh sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya 1.924 unit. Pada 2017, sampai Juli lalu, market di segmen ini sudah membukukan penjualan 1.474 unit, dimana 94,3 persen berasal dari penjualan Toyota Hiace sebagai market leader.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.