Cara Unik Mercedes-Benz Tunjukkan Teknologi Swakemudi

Kompas.com - 04/07/2017, 19:35 WIB
Mercedes-Benz S-Class saat berjalan sendiri dari pabrik ke ruang penyimpanan. captured from YouTubeMercedes-Benz S-Class saat berjalan sendiri dari pabrik ke ruang penyimpanan.
|
EditorAris F Harvenda

Sindelfingen, KompasOtomotif – S-Class facelift (W222) mulai diproduksi di Sindelfingen, Jerman, yang merupakan salah satu spot pabrik Mercedes-Benz. Demi menandai momen baik itu, perusahaan menunjukkan kehebatan teknologi swakemudi (otonomos) yang bakal diterapkan pada jajaran produk Mersi.

Setelah melalui proses produksi, S-Class facelift yang pamer diri di Auto Shanghai, April 2017 lalu-dan mulai dijual Juli 2017-”berjalan” sendiri dari area perakitan menuju ruang penyimpanan. Mercedes-Benz mengunggah video proses ”pengiriman otomatis” itu.

Dalam video berdurasi 60 detik, sosok S 560 4Matic berkelir hitam metalik berjalan pelan sendirian, ditemani seorang petugas dari assembly line di sisi kanan. Sisi pengemudi tak diisi seorang pun, dan setir tampak berputar mengikuti jalur yang tersedia. Mobil berjalan sekitar 1,5 km ke area loading.

captured from YouTube Proses pengemudian sendiri Mercedes-Benz S-Class.
Mobil tersebut memang belum dilengkapi peranti otonomos murni yang terpasang pada sistem. Mercedes-Benz memasanginya dengan berbagai perlengkapan tambahan, seperti kamera pada atap pengemudi. Mobil juga dibantu sensor ultrasonik, dan radar.

Para insinyur lalu menyambung hasil penggabungan visual dan data dari peranti tersebut dengan peranti lunak khusus yang baru saja dikembangkan. Software ini membantu menggerakkan pedal gas dan rem S-Class secara independen.

Program uji coba ini akan terus dikembangkan dan kemungkinan besar akan dikembangkan sebagai sistem pengemudian otomatis. Hal ini akan sangat membantu staf produksi untuk memindahkan mobil dari ruang perakitan menuju lokasi lain yang diinginkan.

Berikut videonya:



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X