Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Kerjasama Proton dan Geely

Kompas.com - 26/06/2017, 09:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Setelah kerjasama Geely dan Proton resmi disepakati keduanya, pemegang saham DRB-Hicom mengungkapkan rincian mengenai rencana kedua merek ke depannya, terutama soal kemajuan Proton.

Hal pertama yang akan dilakukan, Geely akan memberikan Proton dengan pertimbangan pendanaan sebesar 460,3 juta ringgit (Rp 1,4 triliun), dengan 170,3 juta ringgit-nya (Rp 529,1 miliar) merupakan suntikan dana tunai, dan sisanya merupakan biaya untuk memasok platform SUV Boyue.

“Kemudian yang selanjutanya adalah soal penelitian dan pengembangan (litbang), di mana ini akan menjadi aspek penting dari kemitraan tersebut. Geely nantinya akan membantu Proton dalam hal memperoleh teknologi terbaru” ujar Datuk Sri Syed Faisal Albar, Group Managing Director of DRB-Hicom, dari Paultan, Minggu (25/6/2017).

Selain itu, divisi litbang Proton akan diubah menjadi salah satu pusat keunggulan Geely secara global, yang memungkinkannya mengembangkan model masa depan. Lalu Proton rencananya akan memindahkan operasinya ke Tanjung Malim, yang bakal menjadi pusat manufaktur untuk mobil stir kanan Geely.

"Karena perusahaan China akan memasok platform dan teknologi ke Proton, mereka tentunya memberikan keahlian manajemen terkait manufaktur untuk memastikan kesesuaian dengan standar milik Geely," tutur Faisal.

Sedangkan untuk perakitan mobil Volvo di Tanjung Malim, Faisal mengatakan ini adalah kemungkinan jika ada kelebihan kapasitas yang bisa luput untuk melakukannya. Ini juga akan memberi kesempatan kepada vendor lokal untuk menjadi bagian dari sistem global, dan mendorong pertumbuhan bisnis di luar Proton.

Terkait perakitan mobil Volvo di Tanjung Malim, Faisal mengatakan, ini dilakukan jika ada kelebihan kapasitas. Dalam perjanjian kerjasama ini, Geely mengakuisisi saham Proton sebesar 49,9 persen, di mana masih menyisakan 50,9 persen dipegang oleh DRB-Hicom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com