Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecepatan Honda Civic Type R Tumbangkan VW Golf GTI

Kompas.com - 26/04/2017, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Nurburg, KompasOtomotif – All-new Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor kecepatan untuk kategori mobil penggerak roda depan di kelas hot hatch yang pernah dilakukan di Nurburgring, Jerman.

Catatan waktu yang diterohekan Civyc Type R terbaru adalah 7 menit 43,80 detik, atau tiga detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya yang digenggam Volkswagen Gof GTI Clubsport S.

Pengujian yang dilakukan Honda menggunakan mobil standar, sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal, dengan beberapa modifikasi sesuai standar keselamatan balap.

Nurburgring yang terletak di kota Nurburg, Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Jerman mempunyai panjang lintasan 20,8 km, atau merupakan sirkuit balap terpanjang dan paling menantang di dunia yang masih aktif digunakan sejak 1927 hingga sekarang.

Ryuichi Kijima, Chassis Engineer All New Honda Civic Type R (FK8), mengatakan bahwa model ini mempunyai bobot 16 kg lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga menghasilkan respons yang lebih baik pada bagian setir serta memberikan stabilitas ketika melibas tikungan.

”Penggunaan suspensi New Multi-Link Rear Suspension juga memberikan stabilitas yang lebih baik saat pengereman, serta mengurangi gejala body roll. Hal ini memungkinan untuk melakukan ’late braking’ ketika mobil memasuki sudut tikungan serta menghasilkan ’cornering speed’ yang lebih baik,” kata Kijima.

Kecepatan dahsyat itu keluar dari mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.000 cc 4-silinder segaris, direct injection, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 315 tk serta torsi maksimum sebesar 400 Nm. Mobil ini menggunakan transmisi 6-percepatan manual.

All New Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas tahun ini di Pabrik Honda di Swindon, Inggris. Nantinya, hot hatch ini akan mulai dijual terlebih dahulu di Eropa, setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lain seperti Amerika Serikat dan Asia, termasuk Jepang.

Berikut video ketika All New Honda Civic Type R memecahkan rekor kecepatan:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com