Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Kicks Bakal Masuk CBU dari Thailand?

Kompas.com - 11/04/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kabar akan diproduksi Kicks di India semakin menjurus positif, walaupun pihak Nissan India belum mengonfirmasi perihal tersebut. Pencerahan kembali datang, setelah berbincang dengan pihak Nissan Motor Indonesia, tersirat ada kemungkinan crossover baru Nissan tersebut akan diproduksi di salah satu negara ASEAN (Thailand).

Berawal dari pertanyaan mengenai asal Nissan Kicks yang bakal dijual di Indonesia, Budi Nur Mukmin, GM Marketing & Strategy Nissan Motor Indonesia merespons, kalau pihaknya masih studi, dan menyebut akan lebih murah dari ASEAN dibanding dari India.

Padahal, KompasOtomotif sendiri baru membayangkan mengenai opsi impor terbaik dari dua pilihan negara, Meksiko atau India. Di mana dari hitung-hitungan biaya, mulai dari ongkos pengiriman dan kerjasama perdagangan, Negeri Bollywood yang paling mungkin (Kerjasama ASEAN-India). Namun, Budi seolah membuka celah informasi baru, di mana terendus kalau Kicks bisa saja diproduksi di Thailand.

Baca juga : Nissan Kicks Sang Penantang BR-V Mulai Diproduksi

“Pajak dari India lebih mahal dibanding dari ASEAN. Secara logika, impor dari ASEAN lebih masuk akal secara bisnis,” ujar Budi, Senin (10/4/2017).

"Saya membandingkan impor dari ASEAN dan dari India, di mana Asia Tenggara lebih rendah kan bea masuknya. Kalau dibanding sama Meksiko ya lebih mahal lagi. Melihatnya harus dari dua hal, bea masuk dan biaya logistik. Semakin jauh jarak semakin mahal," kata Budi.

Memang, Kicks yang diproduksi di Meksiko berbasis Nissan “V” platform, yang juga digunakan pada Nissan March (Micra), Versa, Sentra, dan Note. Dua produk dari beberapa model tersebut (March dan Note) juga sudah diproduksi di Thailand. Sementara di India, menggunakan basis platform B0/Duster, milik aliansi Renault-Nissan, digunakan untuk Renault Duster, Nissan Terrano, dan Renault Captur (Kaptur).

Jadi sangat mungkin jika secara kasat mata melihat, apakah Kicks bisa diproduksi di Thailand. Setelah ditembak pertanyaan terkait itu, Budi masih mengaku belum mengetahui statusnya.

“Kemungkinan di produksi di Thailand? Saya tidak tahu. Tergantung Thailand mau jual Kicks atau tidak. Saya tidak tahu status Thailand. Mereka juga masih studi sepertinya,” ujar Budi. Di Indonesia Nissan Kicks sepertinya bakal diturunkan untuk menantang Honda BR-V, HR-V 1.5L, Terios dan Rush di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com