Citra Negatif Komunitas Moge, Apa Bisa Diubah?

Kompas.com - 03/04/2017, 07:22 WIB
Motor Besar Club Indonesia akan adakan Jakarta Bike Week 2017. Ghulam/OtomaniaMotor Besar Club Indonesia akan adakan Jakarta Bike Week 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Citra komunitas sepeda motor besar yang melekat di benak masyarakat Indonesia, umumnya masih ke arah negatif, seperti eksklusif, arogansi, dan agresif di jalanan. Bahkan, paradigma ini di beberapa perbincangan, menunjukkan kesenjangan antara si kaya dan miskin.

Ini sudah tertanam cukup lama dan yang menjadi pertanyaan besar, apakah image negatif terhadap pengguna moge ini bisa diubah?

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengutarakan optimismenya bisa melakukan itu, walaupun masih belum bisa memberikan kepastian butuh waktu berapa lama. Namun paling tidak, ada yang ingin mencoba untuk memulainya.

“Tidak bisa menghitung berapa lama itu bisa dilakukan, tergantung nanti masing-masing komunitas menginginkan itu. Saya akan memulai dahulu dari komunitas saya, Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), kemudian saya bicara dengan yang lainnya,” ujar Iriawan saat ditanyakan KompasOtomotif, Sabtu (1/4/2017).

“Kami ingin mengubah pandangan masyarakat terhadap komunitas moge, menjadi lebih humanis dan flamboyan,” ucap Iriawan, menempatkan dirinya sebagai bagian dari komunitas Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

Imbauan

Pria yang menjabat sebagai ketua IMBI ini menginginkan para penguna motor besar, untuk mulai mematuhi aturan lalu lintas. Di mana ini dilakukan ketika sedang sendiri maupun konvoi di jalanan raya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau konvoi apa salahnya mengikuti aturan lalu lintas, seperti berhenti pada saat lampu merah. Kemudian ketika bertemu komunitas sepeda motor kecil saling menegur dengan buka helm, menanyakan kabar dan lainnya. Ini bisa membuat stigma terhadap pengguna moge bisa hilang, dan saya akan mulai dari komunitas saya,” tutur Iriawan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X