Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Keunggulan Mesin Toyota Sienta

Kompas.com - 25/01/2017, 15:14 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sienta merupakan kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) terbaru Toyota yang dijual di Indonesia. Sesuai dengan tema, yaitu Multi Activity Vehicle (MAV), MPV dengan pintu geser (power sliding door) itu punya berbagai keunggulan.

Salah satunya, pada sektor jantung pacu yang dibekali teknologi terbaru dari Toyota. Bahkan, belum pernah digunakan pada model Toyota lainnya.

Tipe mesin Sienta, yaitu 2NR-FE segaris 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan isis silinder 1.497 cc. Jantung pacu ini mampu menghasilkan daya maksimum 107 ps pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum 14,3 kgm pada 4.200 rpm.

Kode 2NR-FE pada Sienta ini memiliki spesifikasi “F”. Ini  merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft). Sedangkan huruf “E” mengartikan Electronic Fuel Injection (EFI).

Kelebihan lainnya, yaitu mesin tersebut berpadu padan dengan transmisi model CVT tujuh percepatan Sport Sequential Shiftmatic. Selain itu, tersedia juga transmisi manual yang punya enam percepatan.

Keunggulannya tidak berhenti sampai di situ, mesin itu juga dibuat menggunakan bahan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com