Kompas.com - 17/01/2017, 15:22 WIB
Toyota Innova Venturer menjadi tipe tertinggi dan termahal. KompasOtomotif-Donny AprilianandaToyota Innova Venturer menjadi tipe tertinggi dan termahal.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan Innova Venturer ternyata memakan korban. Kijang Innova tipe Q diesel pun resmi tak lagi dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM). Jika dulu Innova ada 12 varian, kini menjadi 14 varian setelah ditambah 4 tipe Venturer dan pengurangan 2 tipe Q Diesel.

TAM mengakui, langkah penghapusan tipe Q (tertinggi) Diesel bukan karena sepi peminat, tetapi lebih disebabkan permintaan konsumen, hasil dari survei internal perusahaan. Bahwa konsumen tipe luxury ada juga yang ingin ada sentuhan adventure.

”Ternyata para pemilik tipe Q butuh tampilan yang lebih adventure. Kalau yang (tipe) bensin, tidak semua. Akhirnya meluncur Venturer, gantikan Q Diesel,” ujar Sri Agung Handayani, Product Genereal Manager TAM, dalam peluncuran Innova Venturer dan All New Corolla Altis, (16/1/2017), di Jakarta.

Adanya tambahan empat varian dari Venturer membuat TAM makin optimistis. Tipe Q sebelumnya secara total menyumbang 8 persen dari penjualan Innova di Indonesia. Hadirnya Venturer membuat kontribusinya diprediksi naik menjadi 10 persen, meski varian berkurang.

”Saat ini SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) baru masuk 50 unit, itu pun dari impulsive buyer yang tanpa melihat barang sudah langsung memesan. Kami yakin pasti akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan,” kata Sri Agung.

Ada empat varian Innova Venturer, tersedia dengan mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L. Keempatnya yaitu Venturer 2.4L A/T Diesel Rp 445,6 juta, ‎Venturer 2.4 L M/T Diesel Rp 424,2 juta‎, Venturer 2.0L‎ A/T Gasoline Rp 406,4 juta, ‎dan Venturer 2.0L M/T Gasoline Rp 386,3 juta‎.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.