Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venturer Cabut "Nyawa" Innova Tipe Q Diesel

Kompas.com - 17/01/2017, 15:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan Innova Venturer ternyata memakan korban. Kijang Innova tipe Q diesel pun resmi tak lagi dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM). Jika dulu Innova ada 12 varian, kini menjadi 14 varian setelah ditambah 4 tipe Venturer dan pengurangan 2 tipe Q Diesel.

TAM mengakui, langkah penghapusan tipe Q (tertinggi) Diesel bukan karena sepi peminat, tetapi lebih disebabkan permintaan konsumen, hasil dari survei internal perusahaan. Bahwa konsumen tipe luxury ada juga yang ingin ada sentuhan adventure.

”Ternyata para pemilik tipe Q butuh tampilan yang lebih adventure. Kalau yang (tipe) bensin, tidak semua. Akhirnya meluncur Venturer, gantikan Q Diesel,” ujar Sri Agung Handayani, Product Genereal Manager TAM, dalam peluncuran Innova Venturer dan All New Corolla Altis, (16/1/2017), di Jakarta.

Adanya tambahan empat varian dari Venturer membuat TAM makin optimistis. Tipe Q sebelumnya secara total menyumbang 8 persen dari penjualan Innova di Indonesia. Hadirnya Venturer membuat kontribusinya diprediksi naik menjadi 10 persen, meski varian berkurang.

”Saat ini SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) baru masuk 50 unit, itu pun dari impulsive buyer yang tanpa melihat barang sudah langsung memesan. Kami yakin pasti akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan,” kata Sri Agung.

Ada empat varian Innova Venturer, tersedia dengan mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L. Keempatnya yaitu Venturer 2.4L A/T Diesel Rp 445,6 juta, ‎Venturer 2.4 L M/T Diesel Rp 424,2 juta‎, Venturer 2.0L‎ A/T Gasoline Rp 406,4 juta, ‎dan Venturer 2.0L M/T Gasoline Rp 386,3 juta‎.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com