Tahun Depan, Toyota Masih Mau Merajai Indonesia

Kompas.com - 19/12/2016, 11:02 WIB
Toyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota. TAMToyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota.
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
 — Kelihatannya tahun ini Toyota masih akan menyandang status sebagai merek terlaris di Indonesia. Meski angka resminya belum keluar, market share diperkirakan mencapai 36 persen "plus-minus" hingga 2016 habis.

Perkiraan kasarnya, jika pada tahun ini pasar mobil nasional 1.060.000 unit hingga 1.080.000 unit, Toyota akan finis di angka 375.000 hingga 380.000 unit. Hitung-hitungan itu disampaikan Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Jumat (16/12/2016) di Jakarta.

Menurut Henry, tahun ini pasar tumbuh 3 persen secara ritel, begitu juga dengan wholesales. Tahun depan, target pertumbuhan ekonomi dari pemerintah bisa dijadikan modal.

”Kami ingin tahun depan Toyota minimal market share 36 persen, atau hampir sama dengan tahun ini. Namun, itu tergantung market-nya juga karena banyak hal yang bisa memengaruhi,” ujar Henry.

Beberapa poin yang bakal menentukan, menurut Henry, adalah soal kondisi ekonomi dan politik yang diharapkan tetap stabil. Program pemerintah di sisi infrastruktur juga diharapkan terus berjalan, seiring dengan perbaikan harga batubara.

Pasar mobil nasional pun ditargetkan tumbuh 3-5 persen tahun depan. Artinya, jika tahun ini mencapai 1.070.000 unit, maka pasar mobil tahun depan kemungkinan finis di angka 1,1 juta hingga 1,12 juta unit mobil.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X