Civic, Jadi Bintang Kedua Honda Tahun ini

Kompas.com - 16/12/2016, 18:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Teknologi mesin turbo pada generasi ke-10 Civic terbukti jadi jurus ampuh Honda Prospect Motor (HPM) buat mengambil alih segmen sedan kecil. Sepanjang tahun ini (Januari - November) Civic terjual 1.501 unit, pesaing terdekatnya Toyota Altis hanya sanggup mencetak 960 unit.

Waktu penjualan tahun ini hanya menyisakan bulan Desember, kemungkinannya sangat kecil jika pencapaian Civic dilewati Altis. Walau belum bisa diresmikan, Civic adalah raja sedan kecil tahun ini.

Civic cukup fenomenal, menjadi terlaris padahal penjualannya baru dimulai pada Mei. Di lain sisi, hasil Altis didapat selama Januari – November.

Civic adalah model pertama Honda di Indonesia yang menggunakan mesin turbo 1.5L. Menurut pengakuan HPM beberapa waktu Civic sekarang bukan hanya diminati pecinta sedan, namun juga menampung konsumen hatchback Jazz yang ingin naik kelas.

“Kami juga bersyukur bahwa kehadiran All New Honda Civic Turbo terbukti membawa gairah baru di segmen sedan dan turut berkontribusi terhadap penjualan Honda secara keseluruhan,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director, dalam siaran resminya, Kamis (15/12/2016).

Sedan mini dan besar

Honda bukan cuma menguasai segmen sedan kecil tetapi juga kelas mini. Honda City sepanjang Januari - November terjual lebih banyak dibanding model lainnya.

Penjualan City mencapai 1.164 unit, sedangkan Toyota Vios bertengger di posisi dua dengan pencapaian 976 unit. Tempat ketiga diisi oleh Proton Saga 234 unit, lantas diikuti Suzuki dengan Ciaz sebanyak 35 unit.

Toyota menguasai segmen sedan besar dengan Camry yang terjual 1.218 unit. Tempat kedua diisi Mercedes Benz C-Class 1.035 unit, BMW Seri 3 sebanyak 658 unit, Honda Accord 505 unit,  Mazda 6 sebesar 135 unit, dan Nissan Teana 89 unit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.