Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agresivitas Pebalap Cantik Toyota Indonesia di Jepang

Kompas.com - 28/11/2016, 18:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Oyama, KompasOtomotifAlinka Hardianti sukses membuka jalan pebalap Indonesia yang ingin mengikuti ajak one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016, di sirkuit Fuji Speedway, Jepang, di masa depan.

Ini setelah pebalap cantik Toyota Team Indonesia (TTI)-TRD tersebut berhasil melalui babak kualifikasi dan pre kualifikasi, Sabtu (26/11/2016). Dia pun berhak masuk babak Grand Final, berkompetisi dengan total 45 pebalap.

Alinka Hardianti menorehkan catatan waktu terbaik 2 menit 27 detik, finish di urutan ke 24, Atau naik 12 peringkat dari posisi start 36, Minggu (27/11/2016). Berhasilnya Alinka dan tim menembus babak Grand Final, tim TTI-TRD berhak mengikuti ajang ini di tahun-tahun berikutnya.

Sebagai pendatang baru di ajang yang babak finalnya dibuka resmi Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda, prestasi Alinka dapat dikatakan gemilang, mengingat dia baru pertama bertanding di Fuji Speedway.

Toyota Indonesia Toyota Team Indonesia (TTI) – TRD di posisi start pada one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016.
Selain itu, waktu terbatas yang dimiliki Alinka untuk mengenali kondisi trek serta kondisi cuaca yang sempat turun salju, bahkan hujan dan berkabut pada babak Grand Final, seharusnya cukup menyulitkan. Namun Alinka tetap menorehkan prestasi, naik 12 peringkat saat balapan.

Pada kesempatan berbeda, Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor, mengucapkan rasa bangganya terhadap pencapaian tim TTI-TRD di Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race. Prestasi ini kata Henry merupakan perpaduan antara performa produk Toyota dengan bakat muda yang sangat potensial.

”Mengikuti ajang internasional seperti ini tentu menjadi ajang yang baik untuk berlatih, mengasah, serta meningkatkan kemampuan Alinka di lintasan balap, mengingat betapa kompetitifnya para pembalap dari berbagai negara di ajang ini,” ujar Henry.

Henry menambahkan, selain membuka jalan bagi bakat-bakat muda Indonesia, hal-hal positif seperti ini dapat menjadi pemicu semangat bagi anak-anak muda Indonesia yang memiliki potensi tidak kalah bersaing di kancah internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com