Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Goyah, Geely Tertarik Beli Lotus?

Kompas.com - 30/10/2016, 10:09 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu merek China, Geely, dikabarkan bakal mengambil alih produsen mobil sport Inggris, Lotus. Pemilik Lotus sekarang, merek nasional Malaysia, Proton, sedang goyah dan mencari pembeli sebagian sahamnya untuk menyelamatkan diri.

Road and Track, Jumat (28/10/2016), mendapatkan informasi dari sumber, Geely belum berhenti membeli perusahaan otomotif. Dikatakan, Lotus termasuk salah satu yang masuk akal buat Geely.

Logiknya, Lotus butuh perkembangan seperti pandangan bisnis menguntungkan dan platform baru buat cikal bakal produk masa depan. Proton, sudah tidak sanggup lagi menyediakan itu.

Geely selama ini giat dengan proyek pembelian perusahaan otomotif. Pada 2010, Geely melakukan terobosan dengan membeli Volvo dari Ford. Dua tahun kemudian, Geely berekspansi lagi menggelontorkan dana untuk pembelian The London Taxi Company, jadi Geely sudah satu kaki di Inggris.

Buah kolaborasi dengan Volvo menghasilkan buat tahun ini. Belum lama Geely melahirkan merek baru yang dinamakan Lynk & Co. Merek itu memproduksi mobil berbasis platform baru Compact Modular Architecture (CMA). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com