Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez, Pebalap Termuda dengan 5 Gelar Juara Dunia

Kompas.com - 16/10/2016, 13:02 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Usai sudah pertarungan MotoGP musim 2016 yang menobatkan sosok pebalap Repsol Honda, Marq Marquez sebagai juara dunia, usai melakoni balapan di GP Jepang, Sirkuit Motegi, Minggu (16/10/2016).

Kemenangan Marquez ini "hadiah" dari gagal finisnya dua pesaing terdekat dari Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Keduanya harus menelan pil pahit setelah terjerembab ke gravel, hingga gagal mendulang poin.

Balapan memang masih menyisakan tiga seri lagi, tapi perolehan poin Marquez sudah tidak mungkin terkejar oleh para pesaingnya. Pebalap asal Spanyol ini mengoleksi 273 poin, sementara Rossi baru mengoleksi 196 poin dan Lorenzo 182 poin.

Ini adalah gelar juara dunia ketiga Marquez di kelas MotoGP yang diraihnya di usia 23 tahun. Sebelumnya, Marquez meraih gelar juara dunia MotoGP pada musim 2013 dan 2014. Selain itu, ini adalah gelar juara dunia kelima dari semua kelas yang pernah diikutinya, yakni Moto2 pada musim 2012 dan kelas 125cc pada musim 2010.

Baca: Marquez Juara Dunia di Depan Pendukung Honda

Sepanjang musim ini pebalap kelahiran Cervera, Catalonia, Spanyol ini memang mencatat hasil yang mentereng. Dia 10 kali naik podium dengan lima kali sebagai juara seri, tiga kali jadi runner-up dan tiga kali finis di posisi tiga.

Marquez hanya sekali gagal mendapatkan poin di musim ini, ketika hanya finis di posisi 13 saat GP Perancis.

Keberhasilan ini juga seakan menjadi pembuktian, setelah di musim lalu hanya berada di posisi tiga klasemen akhir, bahkan sempat jadi kambing hitam atas persaingan sengit antara Lorenzo dan Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com