Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Balap MotoGP Bakal Bisa Berkomunikasi

Kompas.com - 12/10/2016, 07:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – MotoGP akan semakin canggih, dengan akan diluncurkannya dashboard baru, yang akan diaplikasikan pada setiap sepeda motor balap MotoGP. Selain bisa menerima pesan, teknologi baru ini memungkinkan tim untuk bisa berkomunikasi dengan pebalap mereka secara langsung.

Alat baru ini akan diuji coba sebelum akhir musim 2016, seperti dikonfirmasi oleh Mike Webb, Race Director MotoGP. Jika tidak ada kendala, komponen pendukung ini akan siap dicicipi saat latihan bebas di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (16/10/2016).

“Semua harus dipastikan sudah berada di jalur yang benar, sebelum masuk musim 2017. Namun, ini tidak diaplikasikan untuk semua kelas balap MotoGP,” ujar Webb mengutip Crash, Selasa (11/10/2016).

Webb melanjutkan, untuk saat ini, pebalap hanya bisa menerima pesan sederhana, misalnya memperingatkan mereka akan bendera merah atau hitam, serta pemberitahuan jika rider tekena penalti dan dikeluarkan.

Namun ke depan, kata Webb, sistem baru ini memungkinkan pengendara untuk menerima pesan tambahan dari tim. Seperti misalnya memberikan informasi untuk segera masuk pit, atau memberitahukan pilihan ban yang digunakan oleh rival mereka, dalam momen balap flag-to-flag.

“Teknologi ini sudah siap pasang. Sekarang IRTA  (International Roadracing Teams Association) sedang menunggu masukan dari tim-tim MotoGP, terkait apa daftar pesan yang mereka pikir sesuai dengan kondisi balap,” ujar Webb.

Jika semua sistem udah siap dan terintegerasi penuh, nantinya pesan yang diterima pebalap, akan bisa juga dibaca oleh  semua penonton di seluruh dunia melalui layar televisi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com