Ini Bedanya Balai Lelang dengan "Showroom" Mobil Bekas

Kompas.com - 09/10/2016, 09:54 WIB
Pesta Lelang Ibid 2016 di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Ghulam - KompasOtomotifPesta Lelang Ibid 2016 di Parkir Timur, Senayan, Jakarta
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mendatangi balai lelang bisa jadi salah satu altenatif membeli mobil bekas. Namun, apa sebenarnya bedanya membeli mobil melalui lelang atau dengan mendatangi diler, seperti yang umum dilakukan?

Daddy Doxa Manurung, Chief Operating Officer Ibid, balai lelang Grup Astra coba menjawab pertanyaan tersebut. Di mana perbedaannya, kata Doxa, kuantitas mobil yang disediakan untuk dipilih konsumen lebih banyak di balai lelang, dibanding diler mobkas biasa.

“Bukan hanya banyaknya unit yang disediakan, produk yang ada juga memiliki keragaman merek, model, kondisi, dan juga dengan harganya. Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa memilih unit yang memang dirasa cocok, lalu ikut bertarung harga (proses lelang),” ujar Doxa kepada KompasOtomotif, Sabtu (8/10.2016).

Doxa menambahkan, dengan banyaknya pilihan tersebut, konsumen juga bisa menyesuaikan produk yang akan dibeli dengan kondisi keuangannya. Perlu diketahui, mobil atau kendaraan yang ada di lelang, kondisinya apa adanya, dengan berbagai rupa.

Ibid sebagai salah satu balai lelang, hanya melakukan appraisal (penilaian) dan memberikan harga dasar yang pantas untuk unit yang akan dilelang tersebut. Bisa dikatakan, di sini dikumpulkan mobil dengan berbagai kondisi, baik atau buruk, dengan nilai harga yang sesuai pula.

“Di sini, masyarakat bisa menyesuaikan pilihan produk menurut kemampuan daya beli mereka. Jadi siapapun itu, berapapun budget-nya, mereka punya kesempatan untuk barangkali menemukan mobil yang cocok dengan kondisi keuangan mereka,” ujar Doxa.

Sementara, kalau di diler-diler mobkas seperti contohnya mobil88, kebanyakan mobilnya sudah pilihan dan bergaransi, membuat harganya cukup tinggi. Ini tidak bisa menjaring lebih banyak masyarakat dengan bergam kondisi keuangan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X