Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Range Rover Pertama di Dunia Masuk Daftar Lelang

Kompas.com - 12/08/2014, 08:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Jauh sebelum terbesit dalam benak Land Rover melahirkan model terkencang, Range Rover Sport SVR, sejarah merek mobil ikonis Inggris ini bermula dari satu unit perdana yang keluar dari jalur produksi pada 1969. Kala itu Land Rover ingin membuat klan model flagship dengan kemampuan gerak semua roda, maka lahirlah cikal bakal Range Rover dengan nomor sasis #001.

“Anak sulung” Range Rover sempat menghilang selama puluhan tahun tapi kemudian ditemukan kembali. Sekarang pemilik baru memutuskan untuk melelang unit yang sama di acara The Salon Privé Sale, yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Silverstone Auctions, di London, Inggris pada 4 September 2014.

Newspress Range Rover #001

Dibuat di antara tanggal 24 November dan 17 Desember 1969, namun registrasi dilakukan pada tanggal 2 Januari 1970. Hanya enam bulan sebelum jadwal resmi Range Rover meluncur ke hadapan dunia pada 1970.

Sejarah
Pemilik pertama adalah produser yang punya dua film promosi Range Rover, Michael Furlong. Pada 1975 mobil yang sama pindah tangan ke pemilik baru, kemudian berganti warna “Bahama Gold”. Sejak saat itu unit sangat spesial ini “hilang”, namun akhirnya “ditemukan” kembali pada 1990-an. Butuh enam tahun hingga semua proses restorasi selesai dan seluruh bagian tubuhnya kembali normal, termasuk warna bodi “Olive Green”.

Newspress Seluruh proses retorasi menghabiskan waktu enam tahun.

Sebagian besar komponen, seperti sasis, mesin, girbok, dan gardan, masih sama seperti sedia kala. Dengan kondisi seperti itu, prediksi harga terendah berkisar 100.000 – 140.000 pound atau sekitar Rp 1,9 – 2,7 miliar.

 “Sangat indah bisa menawarkan mobil ikonis ini pada pelelangan di Inggris. Mobil ini sangat populer dan kami berharap dapat perhatian signifikan saat palu di ketuk nanti,” ujar Nick Whale, Managing Director, Silverstone Auctions, dalam keterangan resmi seperti dilansir Newspress, pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com