Kompas.com - 30/09/2016, 08:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Adu kreasi Jazz dan Brio Tuning Contest tahun ini kembali menghadirkan berbagai macam elemen modifikasi. Salah satu tren yang menonjol dari 20 mobil peserta yang tampil di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (29/9/2016), yaitu maraknya penggunaan suspensi udara.

Ada dua unit modifikasi Jazz dan setidaknya lima unit Brio yang memakai peredam kejut jenis ini. Di kondisi nyata, suspensi udara membantu pengaturan tinggi ground clearance. Aplikasinya umum digunakan pada bus atau kendaraan besar.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pelek mepet fender saat parkir jadi ciri khas penggunaan suspensi udara.
Akan tetapi buat kontes fungsinya sedikit berbeda. Selain bisa bikin ceper dan menunjang nuansa elegan, suspensi udara juga membantu para peserta memenuhi salah satu regulasi yang berlaku, yakni mobil kontes bukan hanya pajangan tapi juga harus bisa dikendarai.

Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu hasil modifikasi di Jazz Tuning Contest 2016
Suspensi udara bukan barang baru dalam kontes modifikasi di Indonesia. Perangkat ini banyak sudah banyak jadi bagian arah modifikasi elegan ataupun menjurus sporty.

Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu karya modifikasi di Brio Tuning Contest 2016.
Pemakaian alat ini juga berarti membuat pemilik harus menyisihkan ruang untuk kompresor listrik yang memompa udara untuk naik-turunnya peredam kejut. Trik khusus dan efisiensi wajib dipikirkan karena ruang yang tersedia juga digarap untuk modifikasi lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.