Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CB150R dengan ”Fairing Plug and Play”

Kompas.com - 21/09/2016, 16:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sidoarjo, KompasOtomotif – Sembari menyelam minum air. Sambil promosi bisa menang kontes. Itulah upaya Lie Leo, penggagas Delta Sari Agung (DSA) Modified, untuk membuat divisi modifikasi salah satu diler motor Honda di Sidoarjo itu makin dikenal.

Lie bikin project modifikasi dengan bahan ekesperimen Honda New CB150R Streetfire. Motor yang sejatinya lahir telanjang itu diberi ”baju” dengan desain orisinal. Menariknya, setelah sukses membuat paketan bodi dan beberapa aksesori itu, Lie menjualnya pada pemakai motor Honda.

”Aku melihat market di dunia modifikasi, lalu berkolaborasi dengan Lent (bengkel modifikasi di Probolinggo), lalu bikin bodi yang sifatnya mass product. Aku ingin memberi wadah buat pengguna CB150R yang ingin pakai fairing,” ucap Lie kepada KompasOtomotif, (21/9/2016).

Proyek pun dimulai. Lie dan Lent membuat desain bodi yang orisinal. Inspirasinya dari gabungan banyak model. Sepintas dari depan, mirip tampang CBR1000RR model 2005. Bodi-bodi samping juga diambil dari model-model motor Honda lainnya.

Honda Delta Sari Agung Bodi dipasang plug and play, tidak rumit.
Karena bodi bikinan yang terbuat dari bahan fiber itu bakal dijual, Lie membuatnya plug and play, alias gampang dipasang. Bahkan untuk memasang sendiri pun bisa, karena sudah disiapkan dudukan-dudukan baut untuk konsumen.

Bodi yang terpasang dari depan sampai belakang, lalu dipadu dengan berbagai aksesori pendukung. Di antaranya pemakaian setang jepit, spion aftermarket,  jalu setang, sampai dudukan pelat nomor bagian belakang motor.

Pelek menggunakan merek Axioo dengan ukuran CB150R model lama, ukuran 120/60 di depan dan 150/60 untuk belakang. Lalu, dibalut dengan ban Bridgestone Batlaxx S21. Piringan cakram pakai CB150R lama hanya bagian kanan.

Sebagai pemanis, Lie menambahkan knalpot kustom silencer karbon. Tambahan lain, dipasang steering damper, handle rem aftermarket, tutup minyak rem, dan beberapa aksesori orisinal CB150R dari PT Astra Honda Motor.

Tak sia-sia, usaha Lie mendapat pengakuan dari ajang Honda Modif Contest 2016 sebagai juara di Malang, lalu kembali menang di Jakarta sebagai juara nasional kelas sport fairing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com