GIIAS Pamer ”Teknologi Hijau” Atau Cuma Jualan?

Kompas.com - 19/08/2016, 16:39 WIB
Booth peserta pameran GIIAS 2016 Otomania/Setyo AdiBooth peserta pameran GIIAS 2016
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Mengikuti tren dunia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 berusaha mengangkat nuansa yang berhubungan dengan teknologi ramah lingkungan. Dipilihlah ”Green Technology for a Better Future” sebagai tema. Sudahkan relevan dan diterapkan? Bisa iya, bisa tidak.

Sebelumnya, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)—penyelenggara pameran—Yohanes Nangoi mengatakan pada pembukaan (11/8/2016), bahwa tema ini dipilih agar industri otomotif Indonesia bisa menjadi pelopor dalam mengampanyekan kelestarian lingkungan.

Beragam cara dilakukan, termasuk adanya sesi diskusi yang membahas soal industri otomotif tingkat global yang menerapkan teknologi ramah lingkungan. Agenda ini dihadiri sejumlah anggota Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA) atau organisasi otomotif dunia.

Baca: Menaksir Omzet GIIAS dari Jualan Booth

Masing-masing peserta pameran pun diimbau utuk menyeleraskan dengan tema. Misalnya, memamerkan teknologi terbaru lewat mobil irit bahan bakar, atau menunjukkan mobil konsep masa depan yang ramah lingkungan.

Otomania/Setyo Adi Mobil ramah lingkungan yang hadir di GIIAS 2016
”Mobil Hijau”
Rata-rata merek concern dengan tema, namun ada juga yang biasa saja. Toyota dan Honda sebagai dua pemain besar sudah menampilkan teknologi masa depan. Misalnya Toyota dengan konsep FCV Plus dan CH-R, plus mobil hidrogen Mirai. Sedangkan Honda membanggakan Clarity Fuel Cell, pesaing Mirai yang juga berbahan bakar hidrogen.

Daihatsu memajang konsep-konsep Kei Car Mulai dari Tempo yang didesain sebagai mobil toko masa depan, sampai Hinata, mobil mini tanpa pilar B. Dihatsu juga punya Cast Activa, mobil mini dengan konsep sporty crossover dengan fitur pendukung off-road.

Baca: Kenapa Banyak Salesman di GIIAS?

Lexus, menyebut bahwa mereka tak hadir dengan mobil generasi saat ini, tetapi lebih ke arah generasi masa depan. Misalnya kendaraan sport LF-LC dan Lexus RC F GT3.

Sementara konsep-konsep lain yang bakal menjadi mobil produksi memang menawarkan keunikan, namun tidak sejalan dengan tema soal mobil berteknologi hijau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.