KTM Resmi Umumkan Buka Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 15/08/2016, 19:01 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda KTM umumkan buka pabrik di Gresik, Jawa Timur, beroperasi dalam 1,5 tahun ke depan.

Tangerang, KompasOtomotif – KTM melalui distributor tunggal PT Penta Jaya Laju Motor (Penta Jaya) mengumumkan strategi bisnis baru di Indonesia. Pabrik perakitan siap dibuka, berjalan atas buah kerjasama antara KTM Austria dan Bajaj Auto Limited (BAL).

Pabrik perakitan itu akan dibangun di daerah Gresik, Jawa Timur, seluas 15.000 m2. Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk penetapan lokasi dan berbagai peralatan. Dalam 1,5 tahun ke depan, Penta Jaya menjanjikan pabrik ini sudah beroperasi.

"Kami akan merakit model-model 250 cc dan 200 cc yang ada di lineup Duke dan RC. Tahap awal, produk akan didistribusikan di jaringan diler kami di Jakarta dan Bandung, selanjutnya ke kota-kota lain di Indonesia," kata Presiden Direktur Penta Jaya, Kristianto Goenadi, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Senin (15/8/2016).

Target awal, dalam sebulan, KTM Indonesia akan merakit 600 unit motor dalam skema Completely Knocked Down (CKD) per bulan. Atau, target per tahun mencapai 10.000 unit. Kristianto mengatakan bahwa jumlah itu akan bertambah menjadi 30.000 unit dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Karena sifatnya lokal, KTM Indonesia akan menarik 120-150 orang tenaga kerja lokal dengan sistem assembling yang ada saat ini. Tak hanya tenaga kerja, komponen lokal juga akan diberikan secara bertahap, terutama yang memiliki SNI.

"Tapi kami tegaskan bahwa barang yang diproduksi akan sama kualitasnya. Tidak ada penurunan, model, komponen, dan barangnya tetap kualitas Eropa," kata Kristianto.

Strategi baru ini memungkinkan KTM Indonesia menjual motor dengan harga yang lebih murah ketimbang impor dari India. Saat ini saja, model Duke dan RC 250 cc sudah mengikuti harga CKD.


EditorAgung Kurniawan

Close Ads X