Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Beli Saham Perusahaan Minyak Perancis

Kompas.com - 02/08/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perusahaan minyak dan gas Indonesia, Pertamina, mengumumkan kesepakatan dengan perusahaan minyak Maurel & Prom (M&P) milik Pacifico, Senin (1/8/2016). Kesepakatan ini terkait pembelian 24,53 persen saham M&P, dengan nilai akuisisi 200 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 2,6 triliun.

Dari pengumuman resmi Pertamina sekaligus mengutip laporan Nikkei, Selasa (2/8/2016) Pertamina membeli M&P dari Pacificio dengan harga saham 4,20 euro per lembar. M&P sendiri terdaftar dalam bursa saham Euronext (Perancis).

M&P melakukan sebagian besar bisnisnya di wilayah Afrika, seperti ladang produksi yang terdapat di Gabon dan Tanzania. Ini merupakan salah satu langkah Pertamina untuk terus melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia.

"Pendekatan utama kami adalah memenuhi kebutuhan energi nasional, melalui akuisisi aset produktif  di dalam dan di luar negeri," ujar Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina.

Wianda melanjutkan, M&P memiliki tim yang sangat berpengalaman, dan diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi keberhasilan Pertamina, untuk menjamin keamanan energi Indonesia. Kesepakatan ini muncul ketika produksi minyak dalam negeri terus menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com