Pertamina Beli Saham Perusahaan Minyak Perancis

Kompas.com - 02/08/2016, 07:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Perusahaan minyak dan gas Indonesia, Pertamina, mengumumkan kesepakatan dengan perusahaan minyak Maurel & Prom (M&P) milik Pacifico, Senin (1/8/2016). Kesepakatan ini terkait pembelian 24,53 persen saham M&P, dengan nilai akuisisi 200 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 2,6 triliun.

Dari pengumuman resmi Pertamina sekaligus mengutip laporan Nikkei, Selasa (2/8/2016) Pertamina membeli M&P dari Pacificio dengan harga saham 4,20 euro per lembar. M&P sendiri terdaftar dalam bursa saham Euronext (Perancis).

M&P melakukan sebagian besar bisnisnya di wilayah Afrika, seperti ladang produksi yang terdapat di Gabon dan Tanzania. Ini merupakan salah satu langkah Pertamina untuk terus melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia.

"Pendekatan utama kami adalah memenuhi kebutuhan energi nasional, melalui akuisisi aset produktif  di dalam dan di luar negeri," ujar Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina.

Wianda melanjutkan, M&P memiliki tim yang sangat berpengalaman, dan diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi keberhasilan Pertamina, untuk menjamin keamanan energi Indonesia. Kesepakatan ini muncul ketika produksi minyak dalam negeri terus menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.