Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Usul Mobil Otonomos Bawa Kotak Hitam

Kompas.com - 20/07/2016, 16:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Berlin, KompasOtomotif – Kecelakaan fatal Tesla Model S meningkatkan kewaspadaan Jerman akan mobil berteknologi otonomos. Menteri Transportasi Jerman Alexander Dobrindt mengusulkan mandatory yang menyatakan setiap produsen memasang kotak hitam pada mobil otonomos.

Seperti pada pesawat terbang, kotak hitam berguna sebagai sumber data jika terjadi kecelakaan. Memandang dari kasus Tesla, para regulator dan produsen seharusnya bisa memastikan teknologi itu aman untuk digunakan.

Automotive News, Senin (20/7/2016), menjelaskan, usulan mandatory itu tertuang dalam draft proposal yang akan dikirim ke menteri lainnya untuk ditinjau.

Poin lain di dalamnya menyatakan, saat otonomos bekerja pengemudi tidak perlu memerhatikan lalu lintas ataupun kemudi, namun harus tetap duduk di depan kemudi untuk menginterupsi jika ada potensi bahaya.

Jika nantinya semua menteri terkait setuju, maka usulan itu bisa punya landasan hukum. Inilah salah satu bentuk regulator menjaga keselamatan berlalu lintas, menyusul ambisi para produsen dunia yang ingin otonomos bisa resmi digunakan pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com