Kompas.com - 07/07/2016, 07:32 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Shanghai, KompasOtomotif – Aplikasi desain Toyota Innova telah masuk di situs resmi kantor paten China, seperti disiarkan PC Auto, akhir Juni lalu. Informasi ini membuka kemungkinan model legendaris "Kijang" itu bakal dijual di China.

Nama kode Innova di sana, yaitu AN140. Model yang dirujuk, seperti terlihat pada gambar, adalah Innova generasi kedua yang menggunakan platform Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV). Platform itu juga dipakai generasi baru Fortuner dan pikap Hilux.

pc Desain patent Toyota Innova masuk daftar paten di China.
Pasar terbesar Innova di dunia ada di Indonesia. Di dalam negeri, Innova diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia lantas diekspor ke kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, baik dalam kondisi utuh (completely built up/CBU) atau terurai (completeley knocked down/CKD).

Belum jelas maksud Toyota terkait paten Innova di China. Namun bila saja keputusannya dijual ada kemungkinan Innova diproduksi di China, bukan mengambil unit dari pabrik asing.

Di Indonesia, Innova ditawarkan dua pilihan mesin, bensin 2.0L dan diesel 2.4L. Total ada 12 varian, harganya mulai Rp 288 juta – Rp 432 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.