Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2016, 13:51 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Solo, Kompas Otomotif – Perjalanan mudik sering kali terhambat dengan rute utama yang ternyata mengalami kemacetan. Permasalahan dimulai dengan keinginan mencari rute alternatif lain namun minim petunjuk arah di lapangan sehingga menyulitkan untuk mengambil keputusan jalur mana yang akan dituju.

KompasOtomotif bersama tim Merapah Trans Jawa menyusuri jalur mudik dari Jakarta hingga Bangil, Jawa Timur untuk melaporkan kondisi terkini jalur mudik, mampu sampai di titik-titik ruas tol Trans Jawa tepat waktu. Beruntung, All New BMW X1 yang turut menemani tim hadir dengan fitur navigasi yang memudahkan menuju titik-titik ruas tol tersebut dengan cepat.

Berbeda dengan sistem navigasi yang sering tidak tersedia di mobil-mobil Eropa dan tidak diperbarui, Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru BMW ini memiliki data peta jalur kendaraan yang lengkap dan detail. Jalur di tiap kota yang dilalui tim Merapah Trans Jawa Kompas.com tersedia apik, mulai dari rute terjauh hingga rute terdekat.

Sistem navigasi ini juga memiliki berbagai pilihan sudut pandang untuk memudahkan tim menemukan rute terbaik. Cukup masukkan alamat atau kota yang dituju, komputer akan menemukan rute untuk ditempuh. Jika tiba-tiba arah kendaraan berubah atau memilih rute lain, proses rerouting pun cukup cepat.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO BMW X1 di ruas jalan tol Mojokerto Barat - Mojokerto Utara, Jawa Timur, Selasa (28/06/2016). Ruas jalan tol ini akan digunakan sementara untuk jalur mudik Lebaran 2016.

Pengemudi juga dapat memilih tipe rute yang ingin dilewati dalam beberapa mode yakni Fast route (rute dengan waktu tempuh tercepat, kombianasi rute terpendek dengan rute jalan cepat), Eco Pro (kombinasi optimum rute tercepat dan terpendek) serta Short (jarak terpendek, waktu tempuh tergantung kondisi jalan).

Pengemudi dapat memilih tampilan rute seperti tanda panah, peta yang mengarah ke Utara atau tampila persepektif tiga dimensi. Sistem navigasi ini dapat dikendalikan dengan menggunakan iDrive Controller yang berada di konsol tengah.

Navigasi BMW X1 ditampilkan di layar sebesar 6,5 inci yang terletak di dashboard. Saat navigasi diaktifkan dan tim menuju kota berikutnya, pengemudi tidak perlu terlalu banyak melirik layar ini karena komputer akan mengarahkan melalui voice command. Ini membuat pengemudi tetap berkonsentrasi pada jalan dan tidak terganggu oleh petunjuk arah dari navigasi.

Simak terus perjalanan tim Merapah Trans Jawa bersama BMW X1menyusuri ruas Trans Jawa dalam menyambut musim mudik 2016 mendatang.

Kompas Video Menyusuri Tol Trans Jawa Mojokerto - Rembang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com