Kompas.com - 22/05/2016, 20:09 WIB
Jorge Lorenzo jadi juara di GP Italia, Sirkuit Mugello, Minggu (22/5/2016) Crash.netJorge Lorenzo jadi juara di GP Italia, Sirkuit Mugello, Minggu (22/5/2016)
EditorAzwar Ferdian

Mugello, KompasOtomotif - Suguhan menarik balapan kelas dunia terjadi di MotoGP, GP Italia, Sirkuit Mugello, Minggu (22/5/2016). Pebalap Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo, unjuk gigi dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk menjadi yang tercepat di seri ini.

Kemenangan luar biasa Lorenzo ini juga terbilang istimewa., karena dilakukannya di sirkuit Mugello, atau kandang dari rekan setim sekaligus rival terbesanya Valentino Rossi. Bisa dilihat dukungan dari seluruh penjuru sirkuit yang didominasi warna kuning yang identik dengan The Doctor.

Harapan publik Italia buat Rossi memang besar, apalagi sang pebalap mamulai balapan dari posisi terdepan, setelah mengamankan pole positions. Sementara Lorenzo, hanya start di posisi ke lima, atau tepat di belakang Marc Marquez, Andrea Iannone dan Maverick Vinales.

Kegemilangan Lorenzo langsung terlihat saat lampu hijau menyala tanda balapan dimulai. Lorenzo start dengan baik dan mampu mengambil alih jalannya balapan sejak tikungan pertama. Sedangkan Rossi berada di posisi kedua.

Lorenzo dan Rossi pun terlibat pertarungan sengit, beberapa kali The Doctor yang tidak ingin malu di hadapan publik sendiri berupaya merebut posisi terdepan. Sayang upaya Rossi masih terhalang dengan Lorenzo yang ternyata balapan dengan sempurna tanpa melakukan kesalahan.

Alih-alih menyalip Lorenzo, Rossi malah melebar di pertengahan balapan. Posisinya pun melorot ke papan tengah. Tak lama berselang, Rossi malah menepi karena merasa ada yang tidak beres dengan motornya. Benar saja, asap putih terlihat keluar dari bagian mesin. Game over buat Rossi yang harus kembali ke paddock.

Balapan pun menyisakan Lorenzo di posisi terdepan dan Marquez di posisi kedua. Marquez sempat menemukan sentuhan terbaiknya dan memotong gap dengan Lorenzo, bahkan memberikan gangguan buat merebut posisi pertama.

Klimaksnya di lap-lap terakhir menjelang finish keduanya sempat sedikit bersenggolan. Bahkan Marquez mampu menyalip Lorenzo di tikungan terakhir. Tapi Lorenzo belum menyerah dan terus membuka gas hingga garis finish, hasilnya motor Lorenzo yang perkasa di trek lurus mampu menyentuh garis finish lebih dulu daripada Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.