Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Umumkan Pendamping Rossi hingga 2018

Kompas.com - 19/05/2016, 15:09 WIB

Jerez, KompasOtomotif - Teka-teki siapa pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha Movistar terjawab sudah. Yamaha mengumumkan nama Maverick Vinales sebagai pebalap baru pendamping Valentino Rossi di musim depan.

Pebalap 21 tahun itu akan meninggalkan tim Suzuki Ecstar yang sudah dibelanya sejak 2015, setelah sukses berkarier di Moto2. Prestasi Vinales yang moncer bersama Suzuki menarik minat Yamaha buat memboyongnya menggantikan Lorenzo.

Nama Vinales memang bersinar di Suzuki berdampingan dengan rekan setimnya yang lebih berpengalaman Aleix Espargaro di 2016 ini. Vinales sudah mencetak debut podiumnya yang pertama di Le Mans dengan finis di posisi 3 di belakang Rossi dan Lorenzo.

Suzuki sempat berniat menahan kepergian Vinales, tapi rasanya imging-iming bergabung dengan tim kuat Yamaha, dan berdampingan dengan juara dunia MotoGP 9 kali, Valentino Rossi, terlalu sulit untuk dilawan. Vinales telah menyetujui kontrak dua tahun dengan Yamaha, sama seperti Rossi yang perpanjang kontrak selama 2 tahun.

"Dengan senang hati bahwa Yamaha Motor Co Ltd mengumumkan penandatanganan kontrak Maverick Viñales untuk bergabung dengan Movistar Yamaha MotoGP musim 2017 dan 2018," demikian pernyataan singkat Yamaha, seperti dilansir Crash, Kamis (19/5/2016).

Maverick Viñales lahir di Figueres, Spanyol, pada 12 Januari 1995. Memulai debut di GP kelas 125 cc pada 2011. Vinales jadi juara Moto3 pada 2013 serta menjadi Rookie of the Year pada 2014 di Moto2 dan 2015 di MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com