Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pakai “Alphard” Buat Mudik dan Liburan Lebaran?

Kompas.com - 16/05/2016, 11:44 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Raut muka Andi dan Dito terlihat berseri-seri saat pemandangan puncak Gunung Bromo sudah mulai terlihat dari kaca jendela mobil yang mereka tumpangi. Kakak beradik ini memang sudah lama berangan-angan ingin berwisata ke gunung berapi ini dan baru bisa terwujud pada libur lebaran.

Selain kedua remaja yang masih duduk di bangku kuliah itu, masih ada ayah, ibu beserta kakek dan nenek mereka di dalam mobil. Rombongan keluarga asal Jakarta ini bertolak ke Gunung Bromo pada hari ketiga lebaran, setelah pada hari pertama dan kedua lebaran mereka merayakan Idul Fitri di Ponorogo, Jawa Timur, kampung halaman keluarga besar mereka.

Bagi Andi dan Dito, ini adalah kunjungan pertama mereka ke gunung dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu.  Jadi wajar bila kedua remaja ini sangat antusias ketika sampai pada beberapa tempat indah di Gunung Bromo, seperti  kawah Gunung Bromo, Padang Savana, dan Gumuk Pasir.

Berkebalikan dengan Andi dan DIto, Putri yang juga kawan mereka di Jakarta justru asyik menjelajahi tempat kuliner di Ibu Kota Jakarta. Aktivitas ini juga baru bisa Putri dan keluarganya lakukan pada hari ketiga lebaran.

Thinkstock/iStock Ilustrasi mudik dan liburan sekeluarga

Beberapa wilayah kuliner terkenal di Jakarta seperti Pasar Baru, Pecenongan, Cikini, hingga Ancol disinggahi Putri sekeluarga. Berbagai menu makanan mereka coba satu per satu. Tak lupa Putri memotret hidangan dan mengunggahnya ke sosial media sebelum menyantap sajian itu.

Baik perjalanan mudik keluarga Andi dan Dito maupun liburan keluarga Putri, semakin berkesan mewah karena mereka menggunakan mobil Toyota Alphard, kendaraan tipe premium. Keluarga Andi dan Dito lebih fleksibel melintasi antarkota, sementara keluarga Putri melaju stabil di jalanan lowong Ibu Kota.

Anda mau juga begitu? Kalau iya, tidak berarti Anda harus punya sendiri mobil premium itu. Kok bisa?

Mobilitas dan fleksibilitas

Perjalanan keluarga Andi dan Dito ke kampung halaman maupun cara keluarga Putri menjalani liburan di Jakarta, adalah gambaran umum setiap kali liburan lebaran tiba. Tak hanya silaturahmi, mereka juga meluangkan waktu untuk berwisata.Mumpung libur!

Angkutan umum bisa saja tetap dipakai dalam momentum seperti ini , tapi pilihan ini pasti punya kerepotan tambahan. Rombongan, misalnya, harus dipastikan tetap bisa berbarengan pindah dari satu moda transportasi ke moda lain. Selain itu, Anda juga akan kesulitan bila membawa banyak perbekalan.

Karenanya, keberadaan kendaraan pribadi setidaknya di pusat aktivitas selama liburan lebaran merupakan kebutuhan. Menghindari kemacetan jalur mudik, mereka yang pulang kampung halaman, bisa saja bertolak dari Jakarta menggunakan transportasi umum dan baru memakai kendaraan keluarga di tempat tujuan

istimewa Ilustrasi rental mobil
Tidak punya mobil, atau mobil keluarga tidak layak pakai untuk perjalanan jauh? Tenang, ada penyewaan mobil untuk alternatifnya. Pilihan kendaraannya dari mobil “biasa” sampai premium seperti Toyota Alphard itu.

Pastikan saja, rental mobil yang Anda pilih punya reputasi bagus. (Baca: Mau Mudik Berasa Piknik, Mobilnya Sudah “Aman”?)

Jasa penyewaan mobil reputasi seperti itu biasanya memiliki armada mobil dengan umur kendaraan satu tahun sampai empat tahun, memberikan proteksi terhadap kendaraan dan penyewanya, serta memiliki jaringan rental yang tersebar di banyak kota.

Bila sudah mendapatkan jasa penyewaan mobil dengan kriteria seperti itu, sebaiknya lakukan pemesanan  mobil jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan begitu Anda  bisa terhindar kenaikan harga sewa yang biasa terjadi selama Ramadhan dan hari-hari menjelang Idul Fitri.

Pertanyaannya sekarang, sudah menyiapkan rencana ke mana saja selama liburan lebaran yang penanggalannya sudah mendekat?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com