Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Camilan Apa yang Cocok Saat Mudik?

Kompas.com - 15/07/2015, 13:13 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski aktivitas terbatas, berjam-jam berada di kabin mobil selama perjalanan mudik menguras energi pengemudi dan penumpang. Terlalu sering mampir buat makan rasanya membuang banyak waktu, nah salah satu cara mengantisi hal itu, membekali perjalanan dengan camilan.

Makanan kecil di kabin bisa apa saja, namun menurut dokter Spesialis Gizi Klinik Saptawati Bardosono menyarankan lebih baik yang padat energi agar tidak terlalu sering singgah ke rumah makan. Camilan yang direkomendasikan adalah rebusan kacang serta ubi.

“Makanan yang padat energi semisal yang terlalu manis dan gorengan seringkali menyebabkan kantuk,” kata Saptawati awal Juli ini.

Kantuk, adalah salah satu musuh besar pengemudi. Pengalih konsentrasi itu seringkali melanda tanpa disadari, celakanya banyak pengemudi merasa punya cara mengatasi kantuk tapi tetap mengemudi. Level bahaya kantuk disetarakan dengan mengemudi sambil menggunakan ponsel dan mabuk.

Saptawati menambahkan, asal tetap mendapat makanan bergizi lengkap suplemen tidak dibutuhkan. Namun bila merasa perlu, mengonsumsi suplemen bervitamin A, C, E dan B berguna untuk menambah daya tahan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com