Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamax Turbo Bukan Sekadar "Plus-plus"

Kompas.com - 04/05/2016, 13:07 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — PT Pertamina (Pesero) sedang menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru untuk mesin bensin, yakni Pertamax Turbo. Saat ini, pihak internal Pertamina masih terus melakukan pengembangan dan pengujian produk tersebut, sampai hasilnya maksimal.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, kehadiran Pertamax Turbo merupakan langkah Pertamina menaikkan kualitas dari Pertamax Plus. Langkah itu dilakukan agar masyarakat bisa merasakan performa mesin kendaraannya dengan maksimal karena memiliki research octane number (RON) 95.

"Mengenai RON, diperkirakan sama antara Pertamax Plus dan Turbo. Namun, karena nantinya ada penambahan aditif lagi, yang Turbo benar-benar untuk konsumen yang menginginkan performa mesin yang maksimal. Kalau sekarang, Pertamax Plus itu hanya plus-plusnya dari Pertamax saja, tetapi nanti Turbo lebih dari itu," ujar Wianda saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (3/5/2016) sore.

Wianda melanjutkan, setelah Pertamax Turbo dipasarkan, Pertamax Plus bisa dipastikan tidak ada lagi karena akan berbenturan dengan Turbo dan terlalu banyak produk sehingga membingungkan masyarakat.

"Nanti jika sudah didistribusikan, kami tidak akan mengalami masalah karena kerannya menggunakan Pertamax Plus. Namun, perkembangannya seperti apa, termasuk harga jualnya nanti, saya informasikan lagi sebab belum ada komunikasi lagi dengan pihak pemasaran," ujar Wianda.

Menurut informasi sebelumnya, Pertamax Turbo masih diuji di Eropa, tepatnya di Italia, dan rencananya siap dipasarkan dalam waktu dekat di semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com