Kompas.com - 04/05/2016, 13:07 WIB
Komunitas Speedgonz – Sports Cars Club Jakarta (SG Club) mengisi BBM di SPBU Pertamina di Cirebon. Aditya Maulana - KompasOtomotifKomunitas Speedgonz – Sports Cars Club Jakarta (SG Club) mengisi BBM di SPBU Pertamina di Cirebon.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — PT Pertamina (Pesero) sedang menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru untuk mesin bensin, yakni Pertamax Turbo. Saat ini, pihak internal Pertamina masih terus melakukan pengembangan dan pengujian produk tersebut, sampai hasilnya maksimal.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, kehadiran Pertamax Turbo merupakan langkah Pertamina menaikkan kualitas dari Pertamax Plus. Langkah itu dilakukan agar masyarakat bisa merasakan performa mesin kendaraannya dengan maksimal karena memiliki research octane number (RON) 95.

"Mengenai RON, diperkirakan sama antara Pertamax Plus dan Turbo. Namun, karena nantinya ada penambahan aditif lagi, yang Turbo benar-benar untuk konsumen yang menginginkan performa mesin yang maksimal. Kalau sekarang, Pertamax Plus itu hanya plus-plusnya dari Pertamax saja, tetapi nanti Turbo lebih dari itu," ujar Wianda saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (3/5/2016) sore.

Wianda melanjutkan, setelah Pertamax Turbo dipasarkan, Pertamax Plus bisa dipastikan tidak ada lagi karena akan berbenturan dengan Turbo dan terlalu banyak produk sehingga membingungkan masyarakat.

"Nanti jika sudah didistribusikan, kami tidak akan mengalami masalah karena kerannya menggunakan Pertamax Plus. Namun, perkembangannya seperti apa, termasuk harga jualnya nanti, saya informasikan lagi sebab belum ada komunikasi lagi dengan pihak pemasaran," ujar Wianda.

Menurut informasi sebelumnya, Pertamax Turbo masih diuji di Eropa, tepatnya di Italia, dan rencananya siap dipasarkan dalam waktu dekat di semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.