Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tunggu Kelengkapan Berkas Esemka

Kompas.com - 02/05/2016, 07:21 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), merupakan perusahaan yang akan memproduksi mobil bermerek nasional, Esemka. Setelah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan, saat ini proses perizinan sampai di Kementerian Perindustrian. (Baca: Semua Mobnas Esemka Sudah Lulus Uji Tipe)

Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin membenarkan, kalau PT ACEH sedang dalam proses kepengurusan Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK). Dengan memiliki NIK, PT ACEH kemudian bisa melakukan produksi.

“Nantinya NIK yang akan digunakan sebagai izin untuk memproduksi mobil merek Esemka dimaksud,” ujar Yan kepada KompasOtomotif, Minggu (1/5/2016).

Yan melanjutkan, NIK diberikan kepada perusahaan yang telah memenuhi persyaratan utama penerbitan NIK. Beberapa syarat tersebut di antaranya memiliki izin usaha industri dan memiliki fasilitas produksi.

“Selain itu ada lagi persyaratan lainnya, seperti merek dan logo kendaraan bermotor yang akan dirakit, serta syarat-syarat administrasi lainnya. Kami tinggal menunggu persyaratan ijin usaha yang tadi disebutkan,” tutur Yan.

Kementerian Hukum dan HAM

Ternyata proses yang harus dilalui tidak berhenti sampai Kemenperin. Agar bisa diproduksi, Esemka juga harus menghadap kepada Kementerian Hukum dan HAM, untuk mendaftarkan merek dan logo.

“Kemudian setelah mendapatkan NIK, perusahaan selanjutnya akan mendaftarkan  tipe-tipe kendaraan yang akan dirakit di Kemenperin. Lalu pendaftaran merek dan logo dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Yan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.