Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Toyota, VW Pegang Tahta Penjualan Dunia

Kompas.com - 27/04/2016, 11:31 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Volkswagen AG (VW) untuk sementara berhasil menggeser Toyota Motor Corporation (TMC) sebagai produsen mobil terlaris di dunia. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, penjualan VW naik 0,8 persen atau mencapai 2,51 juta unit, jika dibandingkan tahun lalu diperiode yang sama.

Dilansir laman Reuters, Rabu (27/4/2016) hasil yang didapat VW dari Januari hingga Maret 2016 cukup baik, mengingat belakangan ini merek mobil mewah asal Eropa itu tengah dihadapkan dengan masalah dieselgate.

Sementara Toyota, penjualan di tiga bulan pertama 2016, mengalami penurunan 2,3 persen atau menjadi 2,46 juta unit. Hal tersebut terjadi karena produsen mobil asal Jepang itu harus menghentikan produksinya akibat gempa besar yang melanda sebelah barat daya pulau Kyushu pada 14 dan 16 April 2016.

Musibah tersebut jelas mempengaruhi penjualan Toyota. Sebab, hampir setengah dari mobil yang diproduksi Toyota di Jepang untuk diekspor. Akibat gempa itu, Toyota diprediksi kehilangan produksi 80.000 unit, di antaranya 3.000 hingga 4.000 unit dikirim untuk China.

Selain Toyota, General Motors (GM) juga mengalami penurunan penjualan. Triwulan pertama 2016 totalnya hanya 2,36 juta unit atau dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama menurun 2,5 persen.

Penyebabnya, yakni permintaan kendaraan di Amerika Latin dalam tiga bulan pertama tahun ini menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com