Kemenperin Belum Dapat Laporan Soal Pabrik Esemka di Boyolali

Kompas.com - 09/04/2016, 13:35 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin. Febri Ardani/KompasOtomotifMenteri Perindustrian Saleh Husin.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana pendirian pabrik perakitan Esemka seluas 13 hektar di Boyolali, Jawa Tengah, mulai terendus sejak bulan lalu. Nantinya, “dapur” ini bakal melahirkan mobil nasional yang digagas Presiden Indonesia Joko Widodo.

Tahap Esemka menjadi industri perakitan dikerjakan oleh PT Adiperkasa Citra Lestari setelah bekerja sama dengan pihak pengembang mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Namun gerakan itu kesannya diam-diam, bahkan mungkin karena peran media rencana pasti pendirian pabrik Esemka terkuak lebih cepat.

Meski sudah banyak informasi yang terkuak, ternyata Menteri Perindustrian Saleh Husin belum mendapat laporan soal pabrik Esemka. Ketika ditemui wartawan saat mengunjungi Indonesia International Motor Show di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/4/2016), Husin mengatakan, baru mengetahuinya dari media.

Ditanya soal pengajuan produksi, Husin pun menjawab “belum”. “Mungkin masih di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal, kalau ke perindustrian belum,” ujar Husin.

Pembangungan pabrik Esemka di Boyolali telah dimulai sejak Januari 2016. Saat dikunjungi langsung oleh KompasOtomotif pada Maret lalu pengerjaannya masih meratakan dan pengurukan bidang tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.