Skutik Listrik Garansindo-ITS “Pinjam” Teknologi Zero

Kompas.com - 06/04/2016, 14:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Selain terinspirasi skutik merek Jepang yang sudah beredar di Indonesia, pihak Institut Teknologi Sepuluh Novepember (ITS) mengatakan rancangan motor listrik Garansindo Inter Global juga melirik teknologi Zero Motorcycles. Garansindo telah menjadi distributor resmi merek asal Amerika Serikat (AS) sejak 2014.

Ketika prototipe pertama skutik listrik Garansindo-ITS dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2015, kita bisa melihat jelas penggerak roda belakangnya menggunakan rantai, namun menurut Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS, Selasa (5/4/2016), pada prototipe lanjutan yang sudah muncul lewat video memakai sabuk (belt).

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail Prototipe skuter listrik Garansindo.
“Zero terinspirasi dari penggeraknya, menghubungkan ban, dulu kan pakai rantai, sekarang pakai belt biar engga berisik sekaligus lebih awet seperti skutik lainnya,” jelas Nur.

Nur memastikan tidak ada teknologi Zero yang dibenamkan pada skutik listrik. Zero dikatakan hanya masuk dalam "daftar pustaka" rancangan bersama Vario dan Xeon.

ITS juga memastikan posisi baterai baterai lithium-ion berkapasitas 7 kWh sebagai sumber tenaga diletakan di bawah jok. Sebelumnya ada opsi posisinya di bawah lantai pijakan kaki, namun dinilai berisiko bila banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.