Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Listrik Garansindo-ITS Sudah Pakai “Baju”

Kompas.com - 06/04/2016, 07:58 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pihak Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengakui sepeda motor yang terekam dalam video bocoran sebelumnya adalah skutik listrik pesanan Garansindo Inter Global. Unit itu merupakan pengembangan purwarupa yang sudah diperkenalkan tahun lalu.

“Sekarang sudah kita pakaikan ‘baju’ dan kami telah kirim ke Garansindo awal April,” jelas Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS, Selasa (5/4/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Prototipe perdana skutik listrik Garansindo-ITS dipamerkan di Indonesia Intenational Motor Show 2015.
Saat diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun lalu, prototipe skutik listrik Garansindo tampil “telanjang” alias belum punya bodi. Hanya komponen bagian dalamnya saja yang kelihatan.

Skutik yang terekam di video dikatakan sudah diuji ringan, namun uji komprehensif belum dilakukan. Menurut Nur ada beberapa perbedaan spesifikasi dibanding tahun lalu dan bodi itu dirancang ITS dari hasil riset tentang skutik di Indonesia. Ia mengungkap konsep rancangannya sudah mengarah ke model produksi.

Meski begitu menurut Nur lagi, bodi itu belum tentu dibawa ke versi produksi sebab keputusan soal desain final ada di tangan Garansindo. Posisi ITS kini menunggu skutik listrik itu dikembalikan lagi dengan berbagai tanggapan dan masukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com